Cara Membersihkan File Sampah yang Menumpuk di Laptop

Diposting pada

Semakin lama Anda menggunakan laptop, maka akan ada banyak file yang tertimbun dalam laptop. Diantaranya adalah tumpukan file sampah atau file tidak berguna yang tersimpan di disk laptop.

Jika dibiarkan begitu saja, tumpukan file sampah tersebut akan memberatkan kinerja laptop, membuat performanya tidak optimal atau lemot.

File sampah ini biasanya berasal dari berbagai aktivitas ketika memakai laptop seperti menjalankan program, aplikasi ataupun game. Sehingga dari situ terdapat file yang ditinggalkan dan menjadi sampah.

File sampah bukan hanya membuat performa jadi lambat, tetapi juga akan memenuhi ruang penyimpanan di hardisk Anda, sehingga hal ini dapat membatasi Anda ketika ingin menyimpan data-data di dalamnya.

Tapi tenang saja, Anda bisa mengatasinya dengan mengikuti panduan membersihkan file sampah di Laptop Windows yang akan dijelaskan setelah ini.

Cara Membersihkan File Sampah di Laptop Windows

Untuk membersihkan file sampah di laptop Windows, ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan. Mulai dari menggunakan software bawaan Windows, sampai menggunakan aplikasi tambahan.

Untuk mengetahuinya, silakan simak ulasan di bawah ini sampai selesai, ya.

Bersihkan Sampah Melalui Run

Yang pertama, sampah biasanya banyak yang berasal dari sebuah data sementara atau temporary. Nah, data temporary ini biasanya tersimpan di penyimpanan sistem dan tepatnya berada di dalam folder Temp.

Di dalam folder tersebut, terdapat berbagai macam data tersimpan, mulai dari cookies, history, DNS, dan sebagainya. Bila semua data tersebut tidak pernah dibersihkan, maka akan menumpuk dan mengurangi kapasitas penyimpanan laptop.

Untuk itu, silakan Anda bersihkan file sampah temporary ini secara berkala. Cara melakukannya bisa melalui fitur Run agar lebih simpel, dan untuk langkah-langkah detailnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan tekan tombol kombinasi Windows + R untuk membukan jendela Run.
  2. Kemudian pada bagian Open, silakan ketikkan Temp dan tekan Enter.
  3. Setelah itu Anda akan masuk ke Folder Temp yang terdapat pada disk sistem, yang disana terdapat banyak sekali data, file dan folder tidak berguna(sampah) tersimpan disana.
  4. Silakan hapus semua file dan folder tersebut, dengan cara klik Ctrl + A kemudian Delete.
  5. Selanjutnya, silakan Anda buka lagi jendela Run seperti di atas, lalu ketikkan %temp% kemudian klik OK.
  6. Setelah itu file temporary lain akan muncul pada halaman yang terbuka. Silakan Anda hapus semua file dan folder di sana.
  7. Terakhir, silakan restart laptop Anda.

Dengan Memanfaatkan Fitur Disk Cleanup

Pada laptop Windows, terdapat fitur bernama Disk Cleanup, yang memiliki fungsi membersihkan file sampah dan junk files yang ada pada drive laptop.

Untuk menggunakan fitur tersebut, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan buka kolom pencarian Windows, lalu ketikkan Disk CleanUp.
  2. Setelah hasilnya muncul, silakan buka dengan memilih opsi Open dibawah hasil pencarian.
  3. Jika sudah, Anda akan menemukan jendela baru yang muncul. Pada bagian ini silakan pilih drive (C:).disk cleanup
  4. Selanjutnya akan muncul tab baru, silakan pilih Cleanup file system kemudian pilih drive C dan tunggulah prosesnya sampai selesai.clean up system files
  5. Pada tab berikutnya yang muncul, silakan Anda centang semua pilihan yang tersedia, kemudian klik OK.
  6. Sesudah itu, maka akan muncul pop up peringatan. Nah, pada silakan langsung Anda klik Delete files.
  7. Tunggulah sampai semua file sampah selesai dibersihkan.
  8. Done.

Melalui Prefetch

Prefetch pada laptop Windows merupakan salah satu fitur yang berfungsi untuk merekam data dan informasi detail tentang program-program yang di-load laptop.

Jadi intinya, Windows akan melakukan tracking bagaimana aktivitas pada komputer tersebut ketika Anda menjalankan program, dan men-tracking program apa saja yang sering dijalankan.

Semakin lama, data-data tersebut yang tersimpan pada Prefetch akan semakin banyak dan menumpuk menjadi file sampah bila tidak dibersihkan. Untuk itu, silakan bersihkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, silakan tekan tombol kombinasi Windows + R untuk membuka Run.
  2. Setelah itu, ketik Prefetch lalu tekan Enter.
  3. Jika sudah, maka halaman Prefetch akan terbuka. Disana Anda akan menjumpai banyak sekali data yang tersimpan selama ini.hapus prefetch
  4. Silakan bersihkan semuanya dengan menekan tombol Ctrl + A kemudian klik opsi Delete.
  5. Jika muncul pop up peringatan Try again dan skip, silakan Anda klik bagian skip untuk melanjutkan.
  6. Sesudah itu, Anda bisa mengecek kembali Harddisk laptop, karena dengan langkah ini sampah akan hilang dan kapasitas Harddisk akan bertambah.

Menggunakan Aplikasi CCleaner

Metode untuk membersihkan file sampah selanjutnya bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan CCleaner. Aplikasi CCleaner sendiri memang banyak digunakan sebagai alat pembersih sampah atau cache pada drive/disk laptop & PC.

Dengan aplikasi CCleaner ini, diharapkan file sampah yang terdapat pada laptop Windows Anda akan bisa dibersihkan dengan sempurna. Karena terkadang dengan cara manual seperti di atas, masih terselip sampah yang tidak terlihat atau tidak bisa dihapus.

  1. Pertama, silakan Anda download terlebih dahulu aplikasi CCleaner.
  2. Setelah itu silakan install aplikasi CCleaner seperti Anda menginstal aplikasi pada umumnya.
  3. Jika sudah, silakan jalankan aplikasinya kemudian buka menu Cleaner (Custom Clean).
  4. Selanjutnya, silakan ceklis pada bagian yang ingin dihapus, baik pada tab Windows ataupun Applications.
  5. Sesudah itu silakan klik Run Cleaner untuk melanjutkan.
  6. Kalau sudah, maka Anda akan menemukan pop up peringatan, silakan klik saja Continue untuk melanjutkan proses penghapusan file sampah.
  7. Done.

Bersihkan Sampah di Recycle Bin

Buat yang belum tahu, kalau semua file yang dihapus dari penyimpanan atau disk laptop akan terbuang dan tersimpan di Recycle Bin.

Ya, karena file tersebut sudah dihapus tentunya sudah tidak dibutuhkan lagi. Oleh karena itu, Anda bisa menghapusnya secara permanen agar hilang juga dari Recycle Bin.

Karena jika Anda belum pernah membersihkan semua file yang tersimpan di Recycle Bin, akan terjadi penumpukan sampah, dan bisa-bisa membuat disk laptop Anda penuh.

Untuk itu, silakan bersihkan sampah di Recycle Bin dengan cara berikut:

  1. Pertama, silakan Anda buka kolom search Windows.
  2. Kemudian ketikkan Recycle Bin lalu buka hasil yang muncul.
  3. Setelah Recycle Bin terbuka, Anda akan menemukan berbagai file yang sudah pernah dihapus sebelumnya.hapus recycle bin
  4. Silakan Anda bersihkan semua dengan cara menekan tombol Ctrl + A kemudian pilih opsi Empty Recycle Bin yang ada di kiri atas halaman.
  5. Atau bisa juga langsung klik kanan pada bagian kosong lalu pilih opsi Empty Recycle Bin.
  6. Selesai.

Menggunakan Aplikasi AVG TuneUp

Selain dengan CCleaner, masih ada aplikasi lain yang juga bisa Anda andalkan untuk menghapus sampah di laptop, yaitu dengan menggunakan aplikasi AVG TuneUp.

Penggunaan aplikasi ini juga bisa mengoptimasi performa Windows dan daya baterai agar lebih hemat. Selain itu, terdapat fitur penjadwalan pembersihan file sampah pada aplikasi ini.

Dengan memanfaatkan penjadwalan tersebut, AVG TuneUp akan secara otomatis melakukan pemindaian file-file sampah pada waktu atau jadwal yang sudah ditentukan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir kalau ada file sampah yang menumpuk.

Untuk cara membersihkan file sampah menggunakan aplikasi AVG TuneUp adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan Anda download aplikasi AVG TuneUp.
  2. Setelah itu Install aplikasi AVG TuneUp seperti biasa.
  3. Jika aplikasi sudah berhasil di-install, silakan Anda buka aplikasinya.
  4. Pada halaman awal, akan muncul beberapa pilihan action. Untuk membersihkan file sampah, silakan pilih opsi Free Up Space.
  5. Setelah itu proses scanning file sampah akan dimulai.
  6. Anda bisa menunggu sampai scan selesai.
  7. Setelah itu, klik pada System Cache & Logs kemudian pilih Show lalu pilih Clean untuk membersihkan.

Demikianlah tadi pembahasan kita mengenai cara membersihkan file sampah yang menumpuk di laptop Windows. Di atas saya telah menuliskan beberapa metode untuk membersihkan file sampah di laptop. silakan pilih saja sesuai keinginan.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.