Cara Menambah RAM di Laptop Windows (Fisik & VRAM) Lengkap

Diposting pada

RAM (Random Access Memory) memiliki peranan yang sangat penting dalam performa dan kinerja laptop. Intinya semakin besar kapasitas RAM, maka processing data di laptop akan semakin lancar.

Jadi kalau RAM laptop Anda kecil, lebih baik tambah kapasitasnya. Karena dengan menambah kapasitas RAM, juga akan mengatasi masalah laptop lemot, laptop hang, dan semacamnya.

Buat Anda yang belum tahu, RAM memiliki fungsi sebagai media penyimpanan data sementara ketika laptop digunakan. Jadi, semua data aplikasi atau program yang dibuka akan disimpan sementara di RAM.

Nah, dari situ dapat disimpulkan kalau semakin banyak aplikasi atau program yang dibuka, maka kapasitas RAM yang dibutuhkan juga semakin besar. Untuk itu, upgrade atau menambah kapasitas RAM laptop menjadi hal yang penting dilakukan.

Cara Menambah RAM di Laptop

Untuk menambah RAM fisik di laptop, caranya terbilang mudah. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli RAM dan menambahkannya ke laptop.

Karena jika sembarangan membeli RAM dan asal tambah RAM, bisa-bisa terjadi kerusakan tertentu atau performa laptop malah akan menurun.

Untuk itu, agar penambahan RAM dapat membuat performa dan kinerja laptop Anda semakin bagus, maka silakan ikuti dan lakukan hal-hal di bawah ini.

Cek Slot RAM

Pertama, silakan pastikan kalau di laptop Anda terdapat slot RAM tambahan, dan pastikan juga RAM bisa dilepas.

Karena sekarang ini terdapat model RAM onboard yaitu RAM yang sudah tertanam di mainboard. Sehingga tidak mudah untuk menambahkan RAM, karena untuk melepaskan RAM onboard tersebut agak ribet.

Nah, bila pada laptop Anda terdapat slot kosong, maka Anda bisa menambahkan RAM laptop 1 keping lagi. Dan bila tidak ada, tetapi RAM bisa dilepas, maka Anda bisa menggantinya dengan RAM berkapasitas lebih besar (upgrade).

Untuk cek slot RAM, Anda bisa menggunakan Task Manager dengan cara berikut:

  1. Pertama, silakan Anda tekan tombol kombinasi Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.
  2. Setelah terbuka, silakan Anda masuk ke tab Performance kemudian masuk ke menu Memory.
  3. Untuk mengetahui slot RAM pada laptop Anda, silakan perhatikan bagianĀ Slot used.cek slot ram laptop
  4. Misalnya saja disitu tertulis 1 of 2, berarti terdapat 2 slot RAM di laptop Anda, dan masih tersisa satu slot kosong yang bisa ditambahkan RAM baru.
  5. Selesai.

Cek Kecepatan RAM

RAM laptop memiliki standar kecepatan yang berbeda-beda, jadi Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu untuk acuan ketika menambah RAM.

Misal, kecepatan yang tertera pada RAM laptop Anda adalah 2400 MHz, maka Anda harus menambahkan RAM dengan kecepatan yang sama. Begitu juga ketika Anda ingin meng-upgrade RAM tersebut.

Karena, jika kecepatan RAM slot 1 dengan RAM yang akan Anda tambahkan ke slot 2 berbeda, maka kedua RAM tidak akan tersinkronisasi dengan baik, dan bisa membuat laptop Anda lemot, hang, atau error lainnya.

Jadi, jika ingin menambahkan RAM, pastikan Anda membeli RAM sesuai kecepatan RAM bawaan laptop, agar tidak terjadi masalah seperti yang saya sebutkan di atas.

cek speed ram

Untuk mengecek kecepatan RAM, juga bisa melalui Task Manager sama seperti sebelumnya. Kemudian Anda tinggal memerhatikan pada bagian Speed, dan disitu sudah tertera kecepatan RAM yang terpasang di laptop.

Tentukan Jenis RAM

Ketahui juga tipe atau jenis RAM yang terpasang di laptop Anda, apakah menggunakan DDR3, DDR3L, DDR4, DDR4L, atau jenis RAM lainnya, agar nantinya tidak salah membeli RAM baru.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tipe atau jenis RAM ini, Anda bisa melihat pada kepingan RAM yang terpasang, karena disitu biasanya tertera tipe atau jenis RAM.

Atau untuk lebih mudahnya, Anda bisa menggunakan aplikasi CPU Z untuk mengetahui tipe atau jenis RAM di laptop. Nah, berikut cara cek tipe DDR RAM laptop dengan CPU Z:

  1. Pertama, silakan Anda download aplikasi CPU Z terlebih dahulu.
  2. Kemudian install aplikasi tersebut seperti menginstal aplikasi pada umumnya.
  3. Setelah terinstal, silakan buka CPU Z. Disana Anda akan menemukan banyak informasi terkait hardware PC.
  4. Untuk melihat tipe RAM, silakan klik menu Memory lalu perhatikan pada bagian Type.cek tipe ram laptop
  5. Nanti disitu akan tertera tipe RAM laptop Anda, misalnya saja DDR4, DDR4L, dan sebagainya.
  6. Done.

Tentukan Kapasitas

Dalam menentukan kapasitas RAM, Anda bisa menjadikan RAM bawaan atau yang terpasang di laptop saat ini sebagai acuan. 

Misal ukuran RAM laptop Anda pada slot 1 adalah 4 GB, maka Anda bisa menambahkan RAM pada slot 2 dengan kapasitas yang sama.

Kemudian jika hanya terdapat 1 slot RAM, Anda bisa menggantinya dengan RAM yang lebih tinggi, misalnya saja 8 GB, atau 16 GB.

Pilih RAM yang Akan Dibeli

Langkah selanjutnya, Anda bisa langsung menentukan atau memilih RAM yang akan dibeli dan ditambahkan ke laptop.

Perhatikan kesesuaian RAM yang akan ditambahkan, sesuai dengan apa yang sudah Anda cek sebelumnya, mulai dari tipe, kecepatan dan kapasitas.

Kemudian untuk merk RAM yang akan dibeli, sebenarnya ini opsional saja. Karena menggunakan merek apa saja laptop tetap akan hidup (dengan catatan RAM normal). 

Namun, saya sarankan untuk Anda memilih merk RAM yang bagus dan sudah dipercaya banyak pengguna.

Tambahkan RAM ke Laptop

Jika RAM sudah dibeli, langkah selanjutnya tentunya adalah memasang RAM tersebut ke laptop Anda. 

Simpelnya, ketika Anda membeli RAM di toko aksesoris komputer, Anda bisa juga minta tolong teknisinya untuk memasangkannya ke laptop.

Tapi jika Anda ingin memasangnya sendiri, Anda perlu membuka tutup atau casing belakang laptop, atau pada beberapa laptop ada juga yang harus dibongkar dari bagian atas (keyboard). Silakan sesuaikan saja dengan kondisi laptop Anda.

Setelah berhasil terbuka, silakan langsung pasang RAM yang sebelumnya Anda beli ke slot RAM di laptop. Setelah terpasang, silakan nyalakan laptop lalu cek apakah RAM sudah terdeteksi atau belum.

Untuk mengeceknya, Anda bisa menggunakan Dxdiag tools dengan cara berikut:

  1. Silakan Anda tekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu ketikkan Dxdiag pada bagian Open.
  3. Jika sudah, silakan tekan Enter.
  4. Tunggu sesaat sampai Anda dibawa ke halaman DirectX Diagnostic Tool.cek memory laptop di dxdiag
  5. Anda bisa melihat pada bagian Memory untuk memastikan kalau RAM sudah bertambah.
  6. Selesai.

Cara Menambah Virtual RAM (VRAM) di Laptop

Buat Anda yang mungkin masih terkendala untuk menambah RAM fisik di laptop, Anda bisa menggunakan opsi kedua, yaitu dengan menambah virtual RAM.

Virtual RAM atau virtual memory merupakan sebuah memori yang berjalan dengan meminjam sebagian memori harddisk laptop.

Cara kerjanya, data dari RAM di laptop akan dikirimkan ke ruang memori harddisk, sehingga kapasitas harddisk berkurang dan RAM akan bertambah dengan virtual RAM.

Jika kamu tertarik menggunakan virtual RAM, silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk menambahkannya:

  1. Pertama, silakan buka tab pencarian Windows, lalu ketikkan This PC.
  2. Setelah itu, silakan pilih Properties pada hasil pencarian yang muncul.
  3. Pada jendela baru, silakan Anda pilih Advanced System Settings.klik advanced system settings
  4. Selanjutnya, klik tab Advanced, kemudian pada bagian Performance silakan klik Settings. Setelah terbuka jendela baru, silakan Anda masuk ke tab Advanced lagi, lalu pada bagian Virtual memory silakan klik Change.performance options
  5. Pada halaman berikutnya yang terbuka, silakan Anda hilangkan ceklis pada opsi Automatically manage paging file size for all drives.
  6. Setelahnya, pilih drive disk yang akan digunakan sebagai virtual RAM. Saya sarankan untuk menggunakan disk sistem.
  7. Selanjutnya, klik Custom size kemudian atur ukuran virtual memory sesuai keinginan Anda. Untuk ukurannya, paling ideal adalah 1,5 kali kapasitas RAM, dan maksimal sampai 3 kali kapasitas RAM laptop.
  8. Jika sudah silakan klik Set, setelah itu klik OK untuk menyimpan semua pengaturan tersebut.
  9. Terakhir restart laptop Anda untuk menerapkan perubahan.
  10. Done.

Nah, itulah tadi pembahasan kita mengenai cara menambah RAM di laptop Windows baik dengan RAM fisik maupun virtual RAM (VRAM).

Semoga dengan adanya artikel ini, dapat membantu dan memudahkan Anda ketika ingin menambah RAM di laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.