Cara Mengatasi Laptop Hang di Windows Paling Efektif

Diposting pada

Di zaman canggih saat ini, laptop sudah menjadi kebutuhan pokok dan bagian bagi generasi Z. Laptop memiliki bentuk yang fleksibel untuk dibawa ke mana-mana, yang mana ini sangat berbeda dengan PC.

Sebelum ini, laptop lebih banyak dipakai oleh mahasiswa, guru, pekerja kantor, maupun pengusaha. Namun, sekarang semua kalangan orang kebanyakan sudah menggunakan laptop sebagai gadget canggih mereka. 

Namun, di lain sisi, masih terdapat masalah klasik yang sering dijumpai pada laptop, yaitu laptop mengalami hang/not responding, laptop lemot, atau sampai crash.

Masalah ini sebenarnya kebanyakan dijumpai pada laptop yang sudah berumur, laptop dengan spesifikasi minimun, dan juga laptop yang sering dipakai menjalankan program berat.

Cara Mengatasi Laptop Windows Hang

Laptop yang lancar ketika digunakan, baik itu untuk bekerja, bermain game ataupun bersenang-senang tentu akan membuat Anda nyaman memakainya.

Tetapi kenyamanan ini bisa saja sirna begitu saja, bila laptop tiba-tiba mengalami hang. Ketika masalah ini terjadi, Anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi laptop hang yang saya tuliskan di bawah ini.

Mulai Ulang Laptop

restart laptop

Laptop hang memang terjadi secara tiba-tiba, dan akibatnya Anda tidak bisa melakukan apapun pada laptop tersebut, seperti melakukan shut down, restart dan lain sebagainya.

Nah, solusi pertama akan hal ini adalah dengan mencoba memulai ulang laptop yang hang dengan melakukan lakukan Force Shutdown dengan menekan dan menahan tombol power.

Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 5 menit, kemudian nyalakan kembali. Dan setelah laptop bisa menyala dan berjalan normal, Anda bisa melanjutkan mengatasi laptop hang dengan cara kedua.

End Task Program Bermasalah

Apabila laptop hang muncul ketika kamu membuka sebuah program tertentu, maka bisa saja itu dikarenakan terdapat masalah pada program yang dijalankan. Ciri-cirinya adalah muncul pesan error not responding pada aplikasi.

Untuk solusi awal, cobalah Anda end task program yang menyebabkan hang tersebut, siapa tahu bisa membuatnya normal kembali. Nah, cara end task program bermasalah adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan buka Task Manager dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + Shift + Esc.
  2. Selanjutnya, silakan Anda pilih program yang bermasalah.
  3. Kemudian klik pada program yang dipilih dan klik End Task.end task program
  4. Jika sudah, silakan restart laptop dan coba jalankan kembali program yang telah Anda End Task.
  5. Biasanya dengan begini, program tidak akan membuat laptop hang lagi.

Install Ulang Aplikasi / Program

Aplikasi ataupun program yang mengalami not responding sehingga membuat laptop hang seharusnya bisa diatasi dengan End Task di atas, dengan catatan kalau penyebabnya hanya bug ringan.

Namun, bila terdapat error lain seperti file aplikasi atau program corrupt maka End Task biasanya tidak akan berpengaruh apa-apa. Oleh karena itu, silakan Anda install ulang aplikasi atau program yang menyebabkan hang.

Sebelum menginstal ulang aplikasi, silakan uninstall aplikasi yang bermasalah terlebih dahulu dengan cara berikut:

  1. Pada kolom pencarian Windows, silakan buka dan ketikkan Control Panel.
  2. Setelah itu klik dua kali untuk membuka program tersebut.
  3. Jika sudah masuk di halaman Control Panel, silakan Anda masuk ke menu Uninstall a Programs.
  4. Jika sudah maka Anda akan dibawa ke halaman Program and features.
  5. Disana, silakan cari program atau aplikasi yang bermasalah, setelah itu klik kanan pada aplikasi tersebut dan klik Uninstall.uninstall aplikasi yang dipilih
  6. Setelah itu, restart komputer dan install lagi aplikasi atau programnya dari awal.
  7. Setelah itu, silakan install ulang aplikasi atau program tersebut, dan pastikan juga kalau Anda sudah memasang semua komponen yang diperlukan oleh program atau aplikasi tersebut
  8. Semoga berhasil.

Diamkan Laptop Agar Dingin

Laptop yang saya gunakan pernah mengalami hang ketika saya menggunakannya secara berlebihan sampai overheat. Dan untuk mengatasi hal ini saya hanya mematikan laptop-nya dan mendiamkannya sampai suhu kembali dingin.

Setelah itu, baru laptopnya bisa digunakan kembali dengan normal. Namun, pada beberapa kasus, ada yang laptopnya sering mengalami overheat padahal penggunaan tidak berlebihan.

Untuk itu, Anda perlu mengecek pasta processor pada laptop, karena bila thermal paste kering, maka processor akan cepat panas (overheat) sehingga bisa menimbulkan masalah laptop hang.

Selain itu, perhatikan juga ventilasi udara laptop, siapa tahu ada yang tertutup debu atau kotoran. Oh iya, Anda bisa menambahkan cooling pad laptop untuk membantu proses pendinginan.

Solusi Jika Laptop Hang Ketika Bermain Game

Jika laptop hang terjadi ketika Anda sedang bermain game, maka ada banyak kemungkinan yang terjadi, yang menyebabkan laptop hang tersebut. Diantaranya adalah:

  • Spesifikasi laptop yang kurang memadai atau tidak memenuhi syarat minimum yang dibutuhkan game yang dimainkan.
  • Kipas pada laptop yang mati.
  • Masalah pada harddisk.
  • Driver VGA belum update.
  • Processor dan VGA card yang terlalu panas.
  • RAM atau VGA Card yang mengalami kerusakan.

Cara mengatasinya sebagai berikut:

  1. Sesuaikan spesifikasi laptop dengan game yang diinstall, pastikan sudah memenuhi syarat minimum game.
  2. Pasang kipas tambahan pada laptop atau cooling pad untuk menjaga suhu laptop tetap stabil.
  3. Coba lakukan pembaruan atau update pada driver VGA terinstal.
  4. Periksa keadaan VGA card dan RAM, siapa tahu kotor, tidak terpasang dengan benar atau bahkan rusak secara fisik.
  5. Uninstall game tersebut, bila tidak sesuai dengan spesifikasi laptop. Dan silakan cari alternatif game lainnya agar laptop tidak mengalami hang lagi.

Mengapa Laptop Bisa Hang?

Oh iya, sebelumnya saya belum menjelaskan mengapa laptop bisa mengalami hang atau not responding. Padahal sebenarnya penyebab mengapa hal tersebut terjadi sangatlah banyak.

Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Terlalu banyak program terinstal atau yang berjalan saat itu.
  • Kapasitas penyimpanan sistem penuh atau RAM penuh.
  • Harddisk bermasalah.
  • Laptop Windows Anda terserang virus atau malware.
  • Ada kemungkinan terdapat file sistem yang corrupt.
  • Terlalu banyak StartUp program yang berjalan.
  • Banyak sampah (cache, temporary, DNS, cookies, dll.) yang menumpuk di disk laptop.
  • Terlalu banyak memasang security program yang berbeda-beda.
  • Terdapat masalah pada processor, VGA, atau komponen lainnya.

Demikian tadi pembahasan mengenai cara mengatasi laptop Windows hang atau not responding yang bisa Anda jadikan referensi ataupun petunjuk untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Saya harap dengan mengikuti tips atau cara mengatasi laptop hang di atas, Anda bisa kembali mengoperasikan laptop dengan normal tanpa ada hang lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.