Cara Mengatasi Microsoft Office Word Tidak Bisa Dibuka

Diposting pada

Bukan suatu hal umum lagi ketika semakin banyak orang yang menggunakan Microsoft Word setiap harinya.

Bukan tanpa alasan, Ms Word merupakan aplikasi pengolah kata terbaik dari dulu hingga saat ini yang mampu menjawab kebutuhan penggunanya.

Namun, ada satu hal cukup menjengkelkan yang kadang muncul pada aplikasi ini yakni aplikasi yang tidak bisa dibuka. Pernah mengalaminya?

Untuk penyebabnya sendiri, bisa saja karena beberapa hal yang kemungkinan berbeda antara pengguna satu dengan lainnya. Tapi satu yang jelas, permasalahan ini bisa diatasi kok.

Nah, untuk Anda yang sedang mengalami masalah Microsoft Word yang bisa dibuka, silahkan simak cara ini sampai selesai ya.

Cara Mengatasi Microsoft Word yang Tidak Bisa Dibuka

Seperti yang sedikit disinggung di atas, penyebab permasalahan ini kemungkinan berbeda antar penggunanya. Untuk itu, silahkan coba satu per satu cara yang ada di bawah ini.

Sekadar info, meskipun konteks dari artikel ini adalah Microsoft Word saja, namun panduan yang diberikan akan berkaitan dengan Microsoft Office karena merupakan satu kesatuan.

1. Aktifkan Services Microsoft Windows

Jika Anda pernah mencoba mempercepat kinerja Windows dengan mematikan beberapa Windows Services, ada baiknya untuk menghidupkan kembali service tersebut.

Sebenarnya tidak masalah sih, tapi pastikan service yang Anda matikan bukan service yang berhubungan dengan program penting seperti Microsoft Word.

Ketika Anda mematikan service yang berperan penting untuk Microsoft Word, memang ada kemungkinan aplikasi menjadi tidak bisa dibuka.

Untuk itu, silahkan coba aktifkan dengan cara berikut:

  1. Pertama, buka Run dengan nemekan tombol Windows + R pada keyboard.
  2. Setelah itu, ketikkan msconfig lalu tekan Enter.
  3. Jika sudah terbuka System Configuration, masuk ke tab Services dan aktifkan semua service dengan klik tombol Enable all.aktifkan microsoft services
  4. Terakhir, klik OK untuk menyimpan pengaturan.

Setelah semua service diaktifkan, sekarang coba buka aplikasi Microsoft Word milik Anda.

2. Repair Aplikasi Microsoft Office

Program Microsoft Office menyediakan fitur repair yang bisa digunakan melalui Control Panel Windows. Fitur ini berfungsi untuk memperbaiki aplikasi Office.

Berikut cara menggunakannya:

  1. Buka Control Panel terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, pilih Uninstall a program seperti gambar di bawah ini.pilih uninstall a program di control panel
  3. Klik kanan pada aplikasi Microsoft Office lalu pilih Change.change microsoft office
  4. Pilih bagaimana Anda akan melakukan repair, apakan online atau offline. Saran saya coba offline dulu saja dengan memilih Quick Repair lalu klik Repair. Di halaman selanjutnya, silahkan klik Repair lagi untuk memulai proses.repair microsoft office
  5. Silahkan tunggu proses repair yang dilakukan secara otomatis. Kalau sudah selesai, tampilannya akan seperti ini.repair microsoft office selesai
  6. Selesai.

Jika dengan offline repair Microsoft Word tetap belum bisa dibuka, silahkan coba juga online repair dengan mengulangi panduan di atas, bedanya Anda harus memilih Online Repair saja.

3. Update Sistem Operasi Windows

Terkadang, permasalahan Microsoft Word bukan hanya terletak pada programnya saja, bisa juga sistem operasinya.

Untuk itu, Anda bisa mencoba mengupdate Windows dengan maksud memperbaiki bug pada sistem operasi yang bisa menyebabkan Microsoft Word tidak bisa dibuka.

Berikut caranya:

  1. Pertama, buka Pengaturan di Windows Anda.
  2. Setelah terbuka, pilih menu Update & Security.pilih update and security
  3. Silahkan cek apakah Windows yang Anda gunakan memiliki versi terbaru atau tidak. Klik Check for updates untuk mengetahuinya.cek update windows
  4. Jika ternyata ada update, silahkan jalankan update tersebut sampai selesai (termasuk proses restart).
  5. Selesai.

Cara di atas saya praktikkan pada Windows 10. Tapi tenang, secara umum proses update Windows sama saja kok antara Windows 10 dengan versi yang lain.

4. Pastikan Program Sudah Diaktivasi

Untuk terus bisa menggunakan program Microsoft Office, Anda harus melakukan aktivasi menggunakan lisensi resmi dari Microsoft.

Pasalnya, Microsoft hanya memberikan masa percobaan atau trial selama 30 hari saja.

aktivasi microsoft office

Nah, ketika masa trial sudah selesai, maka Microsoft Office sudah tidak bisa digunakan lagi dan terkadang juga menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka.

Bukan hanya itu, tanda lain ketika Ms Office belum diaktivasi adalah aplikasi tidak bisa mengetik.

Oleh karena itu, jika Microsoft Office Anda belum diaktivasi, silahkan aktivasi menggunakan lisensi dari Microsoft.

5. Install Ulang Microsoft Office

Jika semua cara di atas masih belum berhasil termasuk melakukan aktivasi, mungkin harus reinstall aplikasi Microsoft Office ini.

Harapan dari langkah ini adalah bisa menghilangkan error yang terdapat pada aplikasi dan digantikan dengan program yang baru.

Berikut caranya:

  1. Silahkan buka Control Panel di laptop Anda.
  2. Jika sudah, pilih Uninstall a program.pilih uninstall a program di control panel
  3. Cari Microsoft Office lalu klik kanan, setelah itu pilih Uninstall.uninstall microsoft office
  4. Lanjutkan proses uninstall sampai selesai, tinggal ikuti petunjuknya saja kok.

Nah, kalau Microsoft Office sudah berhasil diuninstall, silahkan install aplikasi Microsoft Office yang baru. Anda bisa mengunduhnya secara langsung dari website resmi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Microsoft Word Not Responding

Itulah beberapa cara mengatasi Microsoft Office Word yang tidak bisa dibuka. Jika Anda memiliki pengalaman lain terkait cara memperbaiki masalah ini, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.