Cara Mudah Mengatur Margin di Microsoft Word untuk Pemula

Diposting pada

Saat ditugaskan membuat dokumen di Microsoft Word, terkadang kita perlu mengatur margin karena sudah ada ketentuan tersendiri.

Secara default, margin di Microsoft Word memiliki ukuran 2,54 cm di semua sisinya. Karena belum sesuai, maka kita harus mengubahnya secara manual.

Untuk mengatur margin di Word, sebenarnya caranya tidak sulit. Jika Anda pernah mengatur ukuran kertas di Word, maka Anda akan familiar dengan cara ini.

Pada intinya, Anda hanya perlu masuk ke Page Setup yang sudah disediakan di Microsoft Office Word saja, setelah itu bisa langsung mengatur margin sesuai keinginan.

Cara Mengatur Margin di Microsoft Word

Pada contoh ini, saya akan mengubah margin di Word dengan ketentuan margin top 3 cm, right 3 cm, bottom 3 cm, dan left 4 cm.

Margin di atas adalah ketentuan yang sering digunakan pada beberapa dokumen. Jika dokumen Anda memiliki ketentuan margin itu juga, langsung saja samakan dengan pengaturan di artikel ini.

Berikut cara mengatur margin di Word:

  1. Silahkan buka dokumen Word Anda terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, masuk ke Page Layout atau Layout > Margins > Custom Margins… seperti gambar di bawah.buka custom margins di word
  3. Silahkan ubah margin sesuai kebutuhan Anda. Dalam contoh ini, saya akan mengatur margin top 3 cm, right 3 cm, bottom 3 cm, dan left 4 cm.atur margin di word
  4. Kalau sudah, klik OK untuk menyimpan pengaturan margin.
  5. Selesai.

Seperti itulah cara umum yang sering digunakan untuk mengatur margin di Word.

Baca Juga: Cara Mengatur Spasi di Microsoft Word

Cara Cepat Mengatur Margin di Word

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk mengatur margin di Word Anda hanya perlu masuk ke Page Setup dan bisa langsung mengatur margin.

Pada cara pertama, Anda harus masuk ke menu Layout > Margins > Custom Margins terlebih dahulu untuk masuk ke Page Setup.

Nah, ada cara cepat nih yang bisa digunakan untuk masuk ke halaman pengaturan margin di Word.

cara cepat membuka page setup di word

Caranya, Anda tinggal double klik pada bagian samping dan atas ruler saja maka secara otomatis Page Setup akan langsung terbuka.

Catatan: Cara ini hanya bisa dipraktikkan ketika Anda sudah mengaktifkan ruler saja. Kalau belum mengaktifkan fitur tersebut, silahkan baca cara mengaktifkan Ruler di Word.

Demikianlah cara mengatur margin di Microsoft Word yang mudah untuk pemula. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.