Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word Tanpa Ribet

Diposting pada

Saat membuat dokumen di Microsoft Word, mengatur ukuran kertas merupakan langkah awal yang harus dilakukan.

Dengan mengatur ukuran kertas terlebih dahulu, kita akan tahu gambaran umum tampilan dokumen yang dibuat.

Lebih dari itu, ini akan menghindari beberapa permasalahan yang terkadang terjadi seperti halnya footer tidak tercetak saat di print.

Nah, jika Anda masih belum tahu bagaimana cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Word dengan cepat, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Cara Mengatur Ukuran Kertas di Word

Sekadar info, ukuran kertas bawaan (default) Microsoft Word adalah 8,5 x 11 inci atau 21,59 x 27,94 cm.

Biasanya, tidak semua orang menggunakan ukuran kertas tersebut dan perlu mengubah ukurannya untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk mengubah ukuran kertas di Word, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Silahkan masuk ke Microsoft Word terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, pilih Page Layout atau Layout lalu klik dialog box Page Setup seperti gambar berikut ini.buka dialox box page setup di word
  3. Setelah masuk ke Page Setup, klik Paper dan pilih Paper size. Silahkan pilih ukuran kertas sesuai kebutuhan.pilih ukuran kertas word sesuai kebutuhan
  4. Jika ukuran kertas yang dibutuhkan belum tersedia pada daftar Paper size, langsung saja isikan ukuran secara manual pada kolom Width (lebar) dan Height (tinggi).atur ukuran kertas di word manual
  5. Terakhir, klik OK untuk menyimpan pengaturan.

Sebenarnya, Anda bisa menggunakan menu Size yang berapa pada halaman Layout untuk mengubah ukuran kertas.

Akan tetapi, karena tidak semua ukuran kertas tersedia, jadi saya lebih suka menggunakan Page Setup. Jika belum ada ukuran kertasnya, bisa langsung mengatur ukuran kertas sendiri.

Sebagai info dan tips tambahan, ukuran kertas yang tersedia pada menu Size adalah A4, F4 (Folio), Letter, Tabloid, Ledger, Legal, Executive, dan lainnya.

Jadi, jika kertas yang akan digunakan sudah ada pada menu tersebut, Anda bisa menggunakan menu Size saja karena lebih cepat.

Cara Cepat Mengubah Ukuran Kertas di Word

Mengubah ukuran kertas di Word memang ada beberapa cara dan salah satunya dengan mengakses menu Layout atau Page Layout lalu memilih dialog box Page Setup.

Nah, untuk cara cepatnya, Anda tidak perlu lagi masuk ke menu Page Layout melainkan bisa langsung dari menu manapun.

Silahkan perhatikan gambar berikut.

cara cepat membuka page setup di word

Untuk caranya, Anda hanya perlu double klik pada bagian yang ditunjuk anak panah.

Dengan begitu, Page Setup akan langsung terbuka dan Anda bisa mengatur kertas di Word. Lebih dari itu, Anda juga bisa mengatur margin melalui menu ini.

Seperti itulah cara mengatur ukuran kertas di Microsoft Word. Jika Anda yang perlu ditanyakan, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.