Cara Menghapus Cache di Laptop Sampai Benar-benar Bersih

Diposting pada

Cache merupakan teknologi untuk menyimpan data. Cache juga dikatakan sebagai micro memory yang bersifat temporary (sementara), sehingga dengan adanya cache ini menjadikan Anda tidak perlu mengulang-ulang pemrosesan data.

File cache yang terdapat pada laptop jumlahnya sangat banyak dan sebanding dengan penggunaan aplikasi atau program pada laptop tersebut. Sehingga semakin lama cache tersebut tentunya akan menumpuk bila tidak pernah dibersihkan/dihapus.

Penumpukan cache pada laptop dapat mengakibatkan berbagai masalah, seperti laptop lemot, processor cepat panas, laptop hang, disk penuh dan lain sebagainya.

Untuk itu Anda perlu menghapus cache di laptop sampai benar-benar bersih agar tidak terjadi masalah tersebut. Terkait caranya, akan saya bahas lengkap pada artikel ini, jadi pastikan Anda membacanya sampai selesai.

Cara Menghapus Cache di Laptop Windows

Pada dasarnya menghapus cache di laptop tidaklah sulit, tetapi ada sebagian orang yang belum tahu caranya sehingga membutuhkan tutorial atau panduan untuk menghapus cache.

Nah, pada ulasan di bawah ini, saya memberikan beberapa metode penghapusan cache di laptop Windows yang bisa Anda terapkan.

Melalui Windows Storage Settings

Untuk para pengguna Windows 10, Anda bisa memanfaatkan fitur Storage Sense yang ada dalam program Storage Settings untuk membersihkan cache.

Cara ini terbilang mudah dan hasilnya bagus, serta Anda bisa menggunakan cara ini untuk membersihkan cache di laptop secara berkala.

Kemudian untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan buka kolom pencarian Windows, kemudian ketik Storage Settings lalu tekan Enter.
  2. Jika sudah, halaman Storage Settings akan terbuka. Nah, disana silakan Anda pilih opsi Configurate Storage Sense or run it now.configure storage sense
  3. Sebelum itu, jika opsi Storage belum aktif, silakan Anda klik toggle sampai ON terlebih dahulu, kemudian barulah klik opsi di atas.
  4. Pada halaman konfigurasi yang terbuka, silakan Anda scroll ke bawah sampai di bagian Free up space now.free up space now
  5. Kemudian klik opsi Clean now yang berada dibawahnya.
  6. Terakhir, tinggal ikuti dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Menggunakan Fitur Disk CleanUp

Fitur lain pada laptop Windows yang bisa Anda manfaatkan untuk menghapus atau membersihkan cache adalah Disk Cleanup.

Langsung saja, untuk menggunakan fitur Disk Cleanup, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, silakan buka search pencarian Windows, kemudian ketik Disk CleanUp dan buka hasilnya.
  2. Jika sudah, maka Anda akan dibawa ke halaman baru. Pada bagian ini silakan pilih disk penyimpanan sistem di laptop Anda (misalnya disk C:) lalu klik OKdisk cleanup
  3. Pada tab baru yang muncul, silakan Anda pilih Cleanup file system kemudian pilih disk C (disk sistem) dan tunggulah prosesnya sampai selesai.clean up system files
  4. Pada tab berikutnya yang muncul, silakan centang semua pilihan kemudian klik OK.
  5. Sesudah itu, maka akan muncul pop up peringatan. Nah, pada bagian ini silakan langsung klik Delete files lalu tunggu semua file cache dibersihkan.
  6. Done.

Pada saat memilih opsi file yang akan dihapus, pastikan kalau Anda sudah ceklis pada opsi Recycle Bin, agar cache tidak tersimpan disana dan bisa langsung terhapus permanen.

Selain itu, Anda bisa juga menghapus cache yang terletak pada disk lain (selain disk sistem) dengan cara yang sama seperti di atas.

Melalui Command Prompt

Cache di laptop Windows juga bisa dihapus lewat Command Prompt. Disana Anda hanya perlu memasukkan perintah khusus untuk menghapus DNS Cache. 

Untuk melakukannya silakan ikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Pertama, silakan tekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu ketik CMD kemudian tekan Enter.
  3. Jika halaman Command Prompt akan terbuka, silakan kamu masukkan kode perintah ipconfig/flushDNS.
  4. Pastikan kode perintah sudah benar, setelah itu baru tekan tombol Enter untuk memulai proses penghapusan cache.
  5. Tunggu proses penghapusan cache sampai selesa, setelah berhasil maka akan muncul tulisan “Successfully flushed the DNS Resolver Cache.”

Menggunakan Software CCleaner

Selain dengan memanfaatkan fitur-fitur bawaan Windows seperti pada metode sebelumnya, Anda bisa juga memilih untuk menghapus cache menggunakan aplikasi khusus seperti CCleaner.

Aplikasi CCleaner memang banyak dipakai sebagai alat pembersih cache dan sampah di laptop ataupun PC. Dan biasanya dengan aplikasi khusus seperti ini, hasil penghapusannya jauh lebih baik.

Untuk menghapus cache menggunakan CCleaner, berikut caranya:

  1. Pertama, silakan Anda download terlebih dahulu aplikasi CCleaner.
  2. Setelah itu install aplikasi CCleaner seperti biasa.
  3. Jika sudah, silakan buka aplikasinya, lalu silakan Anda masuk ke menu Cleaner (Custom Clean).
  4. Selanjutnya, silakan Anda ceklis pada bagian yang ingin dihapus pada tab Windows dan Applications.
  5. Kemudian untuk memulai menghapus cache, silakan Anda klik Run Cleaner.
  6. Apabila Anda akan menemukan pop up peringatan, silakan klik saja Continue untuk melanjutkan prosesnya sampai selesai.
  7. Done.

Menggunakan Aplikasi Avast Cleanup

Avast Cleanup merupakan salah satu produk dari perusahaan Avast yang dibuat belum lama ini khusus untuk membersihkan file cache atau file sampah.

Selain itu, Avast Cleanup juga bisa dipakai untuk membersihkan cookie & history, memperbaiki registry, memperbaiki harddisk error, menghilangkan iklan yang suka tiba-tiba muncul, dan sebagainya.

Oh iya, perlu Anda ketahui kalau produk Avast Cleanup ini berbayar ya, jadi untuk mendapatkannya Anda harus mengeluarkan uang untuk membelinya.

Kemudian untuk menghapus cache menggunakan Avast Cleanup, berikut caranya:

  1. Pertama, silakan Anda dapatkan terlebih dahulu aplikasi Avast Cleanup.
  2. Jika sudah, silakan Anda install aplikasinya seperti menginstal aplikasi pada umumnya.
  3. Setelah itu, silakan buka aplikasi Avast Cleanup, kemudian masuklah ke dalam menu Pemeliharaan yang berada di halaman utama aplikasi.
  4. Kemudian aplikasi akan melakukan scanning sistem dan perangkat Anda secara keseluruhan. Jadi silakan tunggu saja sampai selesai.
  5. Selanjutnya, silakan ceklis pada bagian yang ingin dibersihkan sesuai kebutuhan (cache, file sampah, cookie, dll). Sesudah itu, silakan klik Perbaiki & Bersihkan.
  6. Setelah selesai, silakan pilih Legakan Ruang pada menu utama Avast Cleanup, kemudian klik Tampilkan untuk memunculkan file-file cache yang tersembunyi di sistem.
  7. Setelah itu, silakan bersihkan juga  file yang muncul dengan cara ceklis pada file tersebut kemudian klik Bersihkan Sekarang.
  8. Done.

Nah. begitulah tadi pembahasan kita mengenai cara menghapus cache di laptop sampai benar-benar bersih ke akar-akarnya. Semua cara atau metode yang kami ketahui sudah dibahas dengan cukup tuntas dan lengkap di atas.

Oh iya, Anda tidak perlu mencoba semua metode penghapusan cache di atas, cukup pilih satu atau dua sesuai yang Anda inginkan.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.