Cara Merubah Format Flashdisk exFAT ke FAT32 Tanpa Ribet!

Diposting pada

Pada beberapa flashdisk dengan format exFAT, terkadang kita tidak bisa mengubahnya ke format FAT32 melalui Windows Explorer, yang ada hanya exFAT dan NTFS saja.

Dikutip dari WikiPedia, exFAT atau Extended File Allocation Table atau sering disebut juga dengan FAT64 merupakan sistem berkas proprietary yang cocok untuk media penyimpanan berbasis memori flash.

Dulunya, Microsoft membuat sistem berkas ini pertama kali untuk perangkat-perangkat seperti Windows Embedded CE 6.0 dan Windows Vista SP1.

Mulai diperkenalkan pada November 2006, exFAT bisa digunakan untuk alternatif sistem berkas NTFS karena NTFS memiliki struktur data yang terbilang lebih besar daripada exFAT.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Diformat ke FAT32

Karena permasalahan kita adalah tidak bisa merubah format flashdisk exFAT ke FAT32 dari File Explorer sistem operasi Windows, maka kita harus mencari alternatifnya.

Awalnya, saya disuruh tetangga untuk mengatasi flashdisk tidak bisa diputar di DVD player. Ternyata langkahnya hanya mengubah format ke FAT32.

Nah, karena tidak bisa menggunakan Windows Explorer, akhirnya saya menemukan satu cara yang paling mudah dan pasti berhasil.

Pada intinya, kita hanya memerlukan software EaseUS Partition Master saja untuk mengubah format flashdisk ke FAT32.

Sebelumnya, silahkan backup terlebih dahulu file yang ada dalam flashdisk tersebut agar tidak ikut terformat. Jika sudah, silahkan praktikkan cara merubah flashdisk exFAT ke FAT32 di bawah ini.

Berikut caranya:

  1. Silahkan download dan install EaseUS Partition Manager terlebih dahulu.
  2. Setelah berhasil diinstall, langsung saja klik tombol Start Now.klik start now pada EaseUS
  3. Pada bagian Partition Manager, klik Start Now untuk membuka EaseUS Partition Master.start now partition manager
  4. Klik kanan pada flashdisk exFAT yang ingin diformat ke FAT32 lalu pilih menu Format.format flashdisk exfat
  5. Silahkan masukkan nama flashdisk pada bagian Partition Label. Sedangkan bagian File system dan Culster size silahkan samakan saja dengan gambar di bawah ini. (Jika muncul jendela Warning, silahkan klik OK saja).pengaturan format flashdisk fat32
  6. Klik tombol Execute 1 Operation lalu klik Apply untuk memproses format flashdisk menjadi FAT32.format flashdisk exfat ke fat32
  7. Tunggu proses tersebut sampai selesai. Jika sudah selesai, maka tampilannya akan seperti ini.merubah format flashdisk exfat ke fat32
  8. Selesai.

Seperti itulah cara merubah flashdisk exFAT menjadi FAT32 tanpa ribet, cukup menggunakan software EaseUS Partition Master saja.

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk merubah flashdisk menjadi FAT32.

2 komentar

  1. Bang aku coba berhasil pindah ke FAT32 tapi pas setelah copy file berupa musik atau video isinya ada tulisan DUMMY itu kenapa ya bang, mhn bantua dan arahannya terima kasih..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.