Cara Meredupkan Layar Laptop atau PC Windows Tanpa Ribet

Aktivitas di depan layar monitor laptop atau PC dalam waktu yang lama bisa membuat mata lelah. Nah, disinilah pentingnya mengatur dan menyesuaikan kecerahan layar.

Anda bisa meredupkan atau menambah kecerahan layar monitor menyesuaikan kebutuhan dan kondisi ruangan serta kesanggupan mata Anda.

Prioritas utama mengatur kecerahan layar adalah membuat mata tetap nyaman dan enak ketika beraktivitas lama di depan layar monitor laptop atau PC.

Ketika kondisi ruangan gelap, maka mata Anda akan lebih nyaman jika menggunakan layar redup. Namun bila dalam kondisi terang atau di luar ruangan, tentunya akan lebih nyaman bila menggunakan layar yang cerah.

Cara Mengatur Brightness Layar Laptop / PC

Nah, untuk meredupkan atau mengatur brightness (kecerahan layar) laptop atau PC perlu disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing penggunanya.

Karena tingkat kenyamanan mata setiap orang pastinya juga berbeda-beda. Hal ini mengacu pada kebiasaan dan kesanggupan mata masing-masing.

Selain itu, dengan meredupkan layar juga akan membuat penggunaan baterai berkurang dan Anda bisa lebih hemat daya.

Nah, hal itu dikarenakan ketika cahaya pada layar laptop dikurangi, maka penggunaan daya ketika itu akan berkurang cukup sigifikan.

Namun sebelum lanjut, Anda perlu memastikan kalau tidak ada masalah terkait kecerahan layar ini, ya. Jangan sampai brightness tidak berfungsi, karena akan membuat Anda tidak bisa mengatur kecerahan layar.

Langsung saja, Anda bisa gunakan cara-cara yang akan saya jelaskan di bawah ini untuk meredupkan layar laptop atau komputer.

Gunakan Tombol Brightness

Coba Anda perhatikan keyboard di laptop dan apakah ada tombol brightness? Tombol brightness pada umumnya menggunakan simbol lampu terang dan lampu redup.

Jika ada, maka Anda bisa gunakan tombol brightness tersebut untuk mengatur tingkat kecerahan layar laptop. 

Cara menggunakannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menekan tombol Windows + Brightness atau pada beberapa laptop ada yang menggunakan tombol Fn + Brightness.

Kalau di laptop saya, bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol Brightness cerah atau brightness redup untuk menyesuaikan kecerahan layar. 

Setelah tombol brightness ditekan, maka akan muncul ikon level brightnes pada layar monitor Anda. Dan Anda bisa mengatur tingkat kecerahannya sesuai kebutuhan.

Melalui Settings Windows

Untuk meredupkan layar laptop atau PC, cara yang juga sering digunakan banyak orang adalah dengan membuka menu Settings Windows dan mengatur kecerahan layar disana.

Pada menu Settings juga terdapat banyak sekali opsi untuk menyetel pengaturan di laptop atau komputer sesuai keinginan penggunanya.

Nah untuk meredupkan layar komputer melalui menu Settings, berikut caranya:

  1. Pertama, buka Setting Windows di laptop atau PC Anda. Mudahnya, silakan tekan tombol Windows + I.
  2. Setelah menu Settings terbuka, silakan masuk ke menu System.
  3. Kemudian lihat slidebar sebelah kiri, dan silakan Anda klik Display.
  4. Selanjutnya, maka akan muncul menu Brightness and color. Pada bagian ini Anda bisa mengatur kecerahan layar dengan menggeser bar ke kanan atau ke kiri.
  5. Done.

Menggunakan Mobility Center

Windows Mobility Center di laptop atau PC Windows adalah sebuah fitur di Windows yang digunakan untuk melihat dan mengakses berbagai informasi atau pengaturan paling relevan.

Di Mobility Center Anda bisa dengan cepat mengakses beberapa hal, seperti pengaturan sound, baterai, dispay, sinkronisasi dan tentunya Anda bisamengatur tingkat kecerahan atau brightness layar laptop/PC.

Berikut caranya:

  1. Pertama, silakan Anda tekan tombol kombinasi Windows + X. Atau bisa juga dengan klik kanan pada ikon Windows.
  2. Setelah tab baru muncul, silakan Anda pilih opsi Mobility Center.
  3. Jika sudah, maka akan muncul tab Windows Mobility Center yang menampilkan beberapa pengaturan.
  4. Pada bagian ini, silakan Anda pilih Display Brightness dan atur kecerahan layar komputer sesuai keinginan.
  5. Done.

Dengan Klik Kanan pada Windows 10

Opsi klik kanan pada touchpad atau mouse biasanya dipakai untuk membuka menu pilihan yang sudah disediakan namun disembunyikan.

Nah, pada Windows 10, Anda bisa lakukan klik kanan untuk membuka pengaturan Display yang bisa digunakan untuk meredupkan layar laptop atau PC.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pastikan Anda sedang berada pada halaman utama Windows (home), dan silakan letakkan kursor di tengah-tengah halaman.
  2. Kemudianklik kanan pada touchpad laptop atau mouse, lalu klik Display settings.
  3. Setelahnya, Anda akan masuk ke menu Brightness and color.
  4. Silakan Anda atur kecerahan layar monitor pada opsi yang sudah di sediakan.
  5. Done.

Melalui Tab Pencarian Windows

Kolom pencarian Windows adalah salah satu fitur penting yang memudahkan pengguna ketika hendak mencari aplikasi atau program yang dibutuhkan.

Lewat tab pencarian Windows ini juga, Anda bisa dengan cepat dan mudah menemukan fitur untuk mengatur kecerahan layar laptop atau PC.

Untuk melakukannya, bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka kolom pencarian Windows yang ada di sebelah Start Menu.
  2. Silakan ketik Change brightness level. Atau untuk lebih cepatnya lagi, tinggal ketik saja Brightness.
  3. Jika sudah, maka akan muncul fitur Change brightness level yang barusan Anda ketik. silakan double klik pada fitur tersebut atau klik Open untuk membukanya.
  4. Setelah itu Anda akan masuk ke pengaturan Display Brightness and color. Disana Anda bisa redupkan atau cerahkan layar kamu melalui kursor yang ada disana.
  5. Done.

Demikianlah artikel singkat mengenai cara meredupkan atau mengatur kecerahan layar (brightness) laptop/PC Windows.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu. Terima Kasih.

Wonosobo people, technology enthusiast, creator digital, & author at Komputizen.

Update:

Tinggalkan komentar