Cara Cek Suhu Laptop (CPU, GPU, Motherboard) Lengkap

Ketika sedang melakukan kegiatan di laptop, entah itu bekerja, bermain game, atau menonton film, tidak sedikit orang suka lupa waktu. Hingga tidak sadar kalau suhu pada laptopnya meningkat dan panas.

Padahal suhu di laptop itu wajib untuk selalu terjaga agar komponen di dalam laptop tidak cepat rusak. Selain itu, ketika suhu meningkat performa laptop juga menurun.

Nah, mengecek atau monitoring suhu laptop juga mencegah laptop Anda dari masalah overheating (kondisi dimana suhu laptop terlalu tinggi).

Overheating juga menjadi pemicu terjadinya kerusakan pada hardware laptop, bisa mengakibatkan kerusakan fatal dan permanen sampai harus diganti.

Untuk itu, pentingnya Anda membaca artikel ini untuk mengetahui cara cek suhu laptop secara lengkap, mulai dari cek suhu CPU, GPU dan motherboard.

Cara Cek Suhu Laptop

Cara mengecek suhu laptop ternyata mudah loh, untuk dicoba. Nah, to the point, di bawah ini saya akan menjelaskan sedikit panduan untuk mengecek suhu laptop Anda.

Gunakan Core Temp

Core Temp merupakan salah satu aplikasi yang sering dipakai untuk mengetahui suhu laptop atau PC, khusus monitoring temperatur processor (CPU). 

Pada aplikasi Core Temp juga Anda bisa melihat suhu processor dan informasi penting lainnya secara mendetail, seperti suhu pada tiap core yang ada di processor.

Bukan hanya itu saja, Core Temp juga bisa mendeteksi jenis dan spesifikasi processor yang Anda gunakan, lengkap dengan informasi suhu maksimal yang diperbolehkan.

Oh iya, aplikasi Core Temp ini juga memiliki ukuran yang kecil, dan ringan ketika berjalan. Serta cara pakainya pun mudah, bahkan untuk awam sekalipun. 

Cara cek suhu laptop dengan Core Temp, cukup download softwarenya di www.alcpu.com/CoreTemp kemudian install. 

Kalau sudah tinggal jalankan aplikasinya, dan pada kolom CoreTemp Anda dapat melihat monitoring-nya suhu laptop ataupun PC.

Dan, ada satu hal yang menarik pada aplikasi Core Temp, yaitu adanya fitur yang memungkinkan proses monitoring bisa terus berjalan meskipun Core Temp sudah ditutup.

Anda bisa coba klik minimize kemudian cek pada bagian taskbar kanan. Di sana akan terlihat angka temperatur komponen komputer Anda.

Menggunakan HWMonitor

Aplikasi kedua yang bisa Anda gunakan untuk mengecek atau monitoring suhu laptop adalah HWMonitor dari developer CPUID. 

Aplikasi ini terkenal dengan berbagai fungsinya yang cukup lengkap. Bisa untuk memonitoring daya, voltase hingga suhu yang dihasilkan komponen pada sebuah laptop atau PC.

Selain itu, aplikasi HWMonitor bisa didapatkan secara gratis, serta untuk mengecek suhu laptop dengan aplikasi ini juga sangat simpel caranya.

Kurang lebih langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Download dan Install HWMonitor terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, silakan Anda jalankan / buka aplikasinya.
  3. Kemudian pada halaman aplikasi, Anda bisa cek kolom temperatur.
  4. Disana suhu laptop bisa diketahui. Termasuk informasi suhu pada CPU, GPU, Mainboard, dan Harddisk.
  5. Done.

Informasi mengenai CPU bisa Anda lihat pada bagian processor. Di sana akan ditampilkan suhu tiap core, clock speed, dan persentase pemakaian.

Coba juga Anda lihat pada bagian paling atas, disana terdapat informasi suhu rata-rata komponen/suhu lingkungan (Ambient), suhu pada Mainboard, CPU, dan Heatsink.

MSI Afterburner

MSI Afterburner merupakan sebuah aplikasi monitoring hardware laptop atau PC, dari perusahaan MSI. Yang mana aplikasi ini biasanya dipakai untuk mengecek suhu laptop dan memantau performa ketika main game.

Jadi MSi Afterburner ini lebih ke aplikasinya para overclocker dan gamer, untuk membantu mereka me-monitoring suhu laptop/PC secara realtime, terutama ketika melakukan aktivitas berat seperti bermain game atau render video.

Cara menggunakan aplikasi ini untuk memonitoring suhu laptop/PC sangatlah mudah. Cukup install saja dan aktifkan monitoring-nya. Kalau sudah, buka game atau gunakan untuk aktivitas berat (ex: render video), maka suhu komponen laptop bisa diketahui.

Oh iya, pada halaman monitoring nanti akan ada dua kolom, yaitu temperatur GPU (VGA laptop) dan CPU (processor laptop). Anda bisa cek bagian yang diinginkan saja.

Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengecek informasi lain, seperti cek kecepatan kipas, clock speed, core voltage, memory clock, dan power limit

Kemudian untuk langkah-langkah mengecek suhu laptop dengan MSI Afterburner adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan download terlebih dahulu aplikasi MSI Afterburner dari situs resminya.
  2. Setelah itu, install aplikasi yang sudah didownload ke laptop Anda.
  3. Jalankan Aplikasi MSI Afterburner.
  4. Pada halaman menu aplikasi, Anda bisa memilih komponen pada laptop yang ingin dilihat informasinya atau dicek suhunya.
  5. Done.

Sebagai tambahan, pada halaman utama dan grafik di aplikasi MSI Afterburner bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. 

Anda bisa memilih informasi apa saja yang akan dimunculkan di grafik. Untuk caranya dengan masuk ke menu settings lalu tinggal ceklis informasi apa saja yang ingin ditampilkan.

AMD Ryzen Master

Buat para pengguna laptop AMD yang memakai processor jenis Ryzen, tentunya tidak asing lagi dengan software AMD Ryzen Master.

Nah, AMD Ryzen Master ini secara umum merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengatur settingsetting yang ada pada komponen, seperti mengaktifkan fungsi-fungsi tertentu pada processor.

Namun banyak yang belum tahu, bahwa ternyata selain untuk fungsi di atas, masih banyak fungsi atau fitur-fitur lain yang tersedia di aplikasi Ryzen Master, seperti untuk mengetahui suhu laptop.

Coba Anda buka aplikasi AMD Ryzen Master, kemudian buka kolom yang berisi informasi temperatur laptop atau temperatus CPU.

Cek Melalui BIOS

Buat Anda yang tidak ingin menginstal aplikasi khusu untuk monitoring suhu laptop, maka Anda bisa kok gunakan BIOS.

Pada BIOS, selain bisa untuk setting-setting sistem dan komponen, Anda bisa juga mengecek informasi-informasi yang terkait laptop/PC, salah satunya temperatur laptop/PC.

Untuk cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Matikan laptop atau PC Anda terlebih dahulu.
  2. Kemudian nyalakan kembali seperti biasanya.
  3. Setelah komputer mulai booting, silakan Anda tekan tombol untuk masuk BIOS secara berulang (ex: tombol F1, F2, F8, Del)
  4. Tunggu sampai laptop atau PC berhasil masuk ke BIOS.
  5. Saat sudah masuk BIOS, cari kolom informasi yang mana suhu laptop atau PC ditampilkan.
  6. Done.

Oh iya, untuk tombol masuk BIOS pada tiap laptop dan tiap merk motherboard yang dipakai di PC berbeda-beda. Anda bisa cari tahu lebih lanjut di internet.

Dan apabila pada BIOS, tidak terdapat kolom informasi untuk menampilkan suhu laptop, berarti ada kemungkinan kalau BIOS Anda belum di-update (masih jadul). Jadi Anda bisa gunakan cara lain saja.

Gunakan Real Temp

Selanjutnya, ada aplikasi pengukur suhu komponen laptop yang bisa didapatkan secara gratis, serta memiliki kompatibilitas yang tinggi di banyak jenis processor.

Nah, aplikasi tersebut namanya adalah Real Temp. Kegunaan dari aplikasi tersebut adalah untuk monitoring secara real-time suhu pada processor.

Aplikasi ini bisa monitoring pada bagian single-core dan multi-corenya. Selain itu, terdapat juga kolom history yang bisa mendeteksi suhu terendah dan tertinggi pada processor.

Aplikasi ini punya tampilan yang mudah dipahami. Cara pakainya cukup install dan jalankan saja. Mudah kan?

Open Hardware Monitor

Aplikasi selanjutnya yang bisa dibilang agak mirip dengan HWMonitor adalah Open Hardware Monitor. Aplikasi ini memberikan informasi mengenai suhu CPU, GPU, dan komponen lain pada laptop secara lengkap dan detail.

Untuk monitoring suhu komponen tertentu pada laptop, misalnya CPU atau GPU, Anda bisa menampilkan pop up Open Hardware Monitor pada taskbar. 

Dengan mode monitoring tersebut, Anda akan tetap bisa melihat informasi perubahan suhu laptop atau PC sambil beraktivitas dengan program yang lain.

Untuk cara mengecek suhu laptop dengan Open Hardware Monitor adalah seperti di bawah ini:

  1. Download aplikasi Open Hardware Monitor terlebih dahulu.
  2. Install aplikasinya ke laptop atau PC Anda.
  3. Jalankan Open Hardware Monitor.
  4. Pantau suhu tiap komponen hardware laptop melalui menu pada aplikasi Open Hardware Monitor.
  5. Kemudian untuk menampilkan suhu komponen laptop di taskbar, caranya dengan klik kanan pada komponen yang diinginkan kemudian pilih Show in tray.
  6. Done.

CPU Thermometer

Aplikasi CPU Thermometer ini memang didesain secara khusus untuk mendeteksi suhu CPU laptop. Aplikasi ini juga memiliki size yang sangat kecil, hanya ratusan kb saja. 

Walaupun sangat kecil ukurannya, tetapi pada aplikasi ini Anda bisa melihat temperatur laptop dari panas yang dihasilkan processor. Kemudian terdapat juga fitur untuk mengetahui berapa banyak resource yang di-load processor.

Cara pakainya langsung saja download dan install aplikasinya seperti biasa. Kalau sudah tinggal jalankan aplikasinya, maka di sana suhu processor bisa terlihat.

Menggunakan Speccy

Untuk cek suhu CPU, GPU, dan Mainboard pada laptop ataupun PC bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi bernama Speccy

Aplikasi ini termasuk ke dalam system diagnostic tool, yang bisa digunakan untuk mengecek komponen komputer, sistem, dan tentu bisa untuk mengecek suhu laptop atau PC Anda.

Nah, dengan aplikasi Speccy Anda bisa melihat informasi yang mendetail tentang laptop yang digunakan. Kemudian bila ingin cek suhu laptop, bisa ikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Pertama, silakan download aplikasi Speccy terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, Install ke laptop atau PC Anda.
  3. Jalankan Speccy yang sudah di-install.
  4. Pada halaman utama aplikasi, Anda bisa memilih informasi yang ingin dilihat. Anda tinggal memilih tab komponen komputer yang ingin dilihat informasi suhunya.
  5. Done.

Pada panel sebelah kiri Anda akan melihat daftar hardware yang ada pada laptop Anda. Untuk mendapatkan informasinya, tinggal klik daftar hardware tersebut, maka informasi lengkapnya akan muncul pada panel sebelah kanan.

Anda bisa juga melakukan monitoring suhu CPU secara real-time dengan cara pin informasi suhu CPU pada system tray.

Caranya melakukannya adalah dengan masuk ke menu Options > pilih System tray > ceklis Minimize to tray dan Display metrics in tray > pilih CPU.

Informasi suhu akan muncul pada system tray, Anda bisa memantaunya secara real-time sambil melakukan aktivitas seperti biasa.

Begitulah pembahasan cara cek suhu laptop secara lengkap, mulai dari cek suhu CPU, GPU, Motherboard, dan komponen lain. 

Perlu diketahui juga kalau temperatur laptop yang terlalu tinggi, dalam jangka waktu lama dapat merusak komponen. Sehingga monitoring suhu laptop akan sangat penting dan berdampak bagus.

Oh iya, untuk mengecek suhu di sini, Anda bisa gunakan salah satu atau beberapa aplikasi/metode yang sudah saya jelaskan di atas sesuai kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

Wonosobo people, technology enthusiast, creator digital, & author at Komputizen.

Update:

Tinggalkan komentar