Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format (Terbukti Berhasil)

USB Flash Drive atau flashdisk adalah sebuah media penyimpanan data yang memiliki ukuran fisik mungil, tetapi kapasitasnya besar, mulai dari GB sampai TB.

Karena bentuknya yang mungil, maka Anda akan mudah ketika ingin membawanya ke mana-mana. Selain sebagai tempat menyimpan file, USB flashdisk juga banyak digunakan sebagai media bootable Windows.

Disisi lain, ada masalah yang sering muncul pada media penyimpanan satu ini, seperti flashdisk tidak bisa diakses (not accessible), atau flashdisk minta format.

Nah, pada artikel ini saya akan membahas secara lengkap mengenai error flashdisk yang tiba-tiba minta format, mulai dari penyebab sampai cara mengatasinya.

Penyebab Flashdisk Minta Format

Ketika flashdisk disambungkan ke laptop atau PC dan tiba-tiba meminta format, tentu saja akan membuat bingung penggunanya.

Dimana bila menuruti pesan untuk memformat flashdisk, maka semua data yang tersimpan di flashdisk akan hilang. Sehingga Anda bingung harus bagaimana.

Nah, sebelum menuju cara memperbaiki atau mengatasi flashdisk minta format, sebaiknya Anda ketahui dahulu penyebab munculnya masalah tersebut.

Penyebab flashdisk minta format, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • File System Tidak Dikenali

Hal yang paling banyak menyebabkan flashdisk minta format adalah karena flashdisk Anda memiliki format sistem yang tidak dikenali oleh laptop atau PC yang terhubung dengan flashdisk.

Karena beda OS juga beda tipe sistem flashdisk yang didukungnya. Misal, Windows umumnya support tiga format flashdisk yang berbeda, yaitu format NTFS , FAT32, dan exFAT.

Atau untuk Linux biasanya support format sistem flashdisk ext2 atau ext3. Sehingga bila flashdisk tersebut dipasangkan ke perangkat Windows tentu tidak akan dikenali dan malah minta format.

  • Flashdisk Terkena Virus

Ketika Flashdisk terjangkit virus, maka akan mengalami banyak variasi masalah atau error-nya. beragam. Ada yang flashdisk berubah jadi RAW, flashdisk minta format dan sebagainya.

Virus dapat menjangkit flashdisk melalui berbagai cara, seperti terinfeksi dari flashdisk lain atau dari komputer, atau karena Anda mengunduh file attachment mengandung virus.

Ketika Virus sudah menyerang flashdisk, maka seluruh file-file di dalamnya akan  terinfeksi dan membuatnya tidak dapat Anda akses atau buka.

Virus ini akan terus bersarang di dalam flashdisk, dan akan hilang bila dibersihkan dengan format ulang. Jadi wajar saja bila flashdisk terkena virus akan minta format terus-menerus.

  • Karena Kesalahan Transfer File ke Flashdisk

Ketika Anda memindahkan, menyalin atau menyimpan file ke flashdisk dan pernah mengalami kendala pada prosesnya, maka bisa saja hal tersebutlah yang menyebabkan flashdisk minta format.

Mengapa demikian? Karena proses transfer file yang tidak sempurna dapat memicu hilangnya data atau membuat file rusak atau corrupt.

Pada kasus laptop atau PC yang mati mendadak ketika flashdisk sedang mentransfer data, maka format file system flashdisk tersebut akan berubah menjadi RAW. Begitu juga ketika Anda mencabut mendadak flashdisk.

Dalam kondisi RAW, semua data flashdisk tidak akan bisa diakses dan bila dicek, ukuran file di dalamnya terlihat sebagai 0 byte (mentah) sehingga flashdisk akan minta untuk diformat.

  • Kerusakan Komponen

Penyebab paling parah flashdisk minta format adalah karena kerusakan hardware atau komponennya. Sehingga kemungkinan bisa diperbaikinya sangat kecil.

Pada beberapa kasus, flashdisk yang mengalami kerusakan pada komponen terkadang masih terdeteksi ketika disambungkan ke PC, akan tetapi tetap saja tidak bisa dibuka.

Terkadang ada juga yang muncul notifikasi minta format, dan ketika Anda mengikuti perintah tersebut, Anda tidak bisa menyelesaikannya karena terdapat kerusakan komponen flashdisk.

Jadi, intinya flashdisk yang rusak fisik atau mengalami kerusakan pada komponennya, kemungkinan sudah tidak dapat dipakai lagi, dan mau tidak mau Anda harus menggantinya dan mengikhlaskan data yang tersimpan disana.

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format

Nah, setelah tahu berbagai penyebab flashdisk minta format, maka sekarang Anda perlu mencoba untuk memperbaiki flashdisk tersebut.

Karena bila penyebab flashdisk minta format hanya karena masalah sistem (bukan komponen) maka akan bisa di atasi dengan cara-cara yang saya tuliskan di bawah.

Silakan langsung saja, simak ulasannya dan langsung praktikkan.

Coba Samungkan Flashdisk ke Perangkat Lain

Buat Anda yang mengalami masalah flashdisk minta format ketika disambungkan di laptop atau PC Windows, dan sebelumnya Anda pernah menyambungkan flashdisk ke komputer lain, berarti kemungkinan flashdisk telah berubah format sistemnya.

Oleh karena itu, cobalah sambungkan flashdisk ke perangkat lain yang sesuai. Misalnya ke OS Linux yang mendukung format sistem flashdisk jik ext2 atau ext3.

Nah, bila pada perangkat lain hasilnya flashdisk Anda normal, maka sekarang ubahlah file system flashdisk menjadi NTFS atau FAT32 melalui pengaturan drive di Linux.

Setelah berhasil, cobalah sambungkan kembali flashdisknya ke laptop atau PC Windows. Biasanya dengan begini flashdisk minta format akan teratasi.

Repair Flashdisk Lewat CMD

Command Prompt (CMD) merupakan tool Windows yang bersifat advanced, sehingga bisa digunakan untuk berbagai hal, termasuk untuk memperbaiki flashdisk minta format ini.

Nah, cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan sambungkan flashdisk yang bermasalah ke laptop atau PC Windows.
  2. Buka Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  3. Setelah itu, ketikkan CMD lalu tekan tombol Enter.
  4. Apabila program Command Prompt sudah terbuka, silakan Anda ketik kode perintah CHKDSK E:/R.
  5. Huruf E pada kode perintah tersebut merupakan letter flashdisk yang terhubung dengan laptop atau PC Anda, jadi silakan sesuaikan sendiri.
  6. Jika sudah memasukkan kode perintah dengan benar, silakan Anda tekan tombol Enter.
  7. Tunggu saja prosesnya sampai selesai.
  8. Done.

Jika sudah, maka pada halaman Command Prompt akan ditampilkan informasi hasil scanning file sistem dan masalah pada sistem flashdisk, beserta informasi kalau flashdisk sudah berhasil di-repair.

Scan Drive Flashdisk

Cara kedua ini masih berkaitan dengan repair flashdisk, dimana dengan melakukan scan drive maka Anda akan mengetahui penyebab error dan Anda bisa melakukan perbaikan manual.

Cara ini juga cukup efektif dan banyak orang yang telah mencobanya dan hasilnya terbukti berhasil.

Nah, berikut langkah-langkah melakukan scan drive flashdisk:

  1. Sambungkan flashdisk ke laptop atau PC Anda.
  2. Buka Windows Explorer dengan menekan tombol kombinasi Windows + E, atau bisa juga melalui kolom search Windows.
  3. Jika sudah terbuka, silakan Anda pilih direktori flashdisk yang terhubung, kemudian klik kanan dan pilih Properties.
  4. Pada tab baru yang muncul, silakan masuk ke tab Tools, kemudian klik opsi Check.
  5. Pada halaman selanjutnya, silakan klik Scan Drive, lalu tunggu proses scanning-nya sampai selesai.
  6. Setelah scanning selesai, biasanya akan muncul opsi perbaikan yang bisa Anda gunakan. Jadi, silakan ikuti saja instruksi yang tertera.
  7. Jika sudah selesai, silakan copot dan pasang kembali flashdisk Anda ke laptop atau PC, kemudian periksa apakah sudah normal atau belum.
  8. Done.

Lakukan Low Level Format

Kedua cara di atas adalah opsi perbaikan sistem flashdisk, dan bila dengan itu Anda tidak berhasil mengatasi flashdisk minta format, maka solusi finalnya adalah dengan format ulang flashdisk.

Salah satu metode terbaik yang untuk melakukan format flashdisk adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan, yakni HDD Low Level Format. 

Dengan Low Level Format, semua data flashdisk akan terhapus, beserta dengan virus dan error di dalamnya. 

Sehingga dengan begini masalah flashdisk yang minta format terus menerus akan teratasi.

Berikut langkah-langkah melakukan Low Level Format:

  1. Pertama, silakan Anda download aplikasi HDD Low Level Format terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silakan install aplikasi tersebut seperti Anda menginstal aplikasi pada umumnya.
  3. Jika sudah, silakan sambungkan flashdisk ke laptop atau PC Anda, kemudian buka aplikasi HDD Low Level Format.
  4. Setelah aplikasinya terbuka, silakan Anda pilih flashdisk yang ingin di-format, kemudian klik Continue.
  5. Setelah itu, silakan lanjutkan prosesnya dengan mengikuti panduan format yang sudah tertera pada aplikasi tersebut.
  6. Lama prosesnya tergantung kapasitas dan banyak data yang tersimpan di flashdisk Anda. Tapi, biasanya sih hanya beberapa menit.
  7. Done.

Format Flashdisk di CMD

Bila Anda tidak ingin ribet menginstal HDD Low Level Format untuk memformat ulang flashdisk yang error, maka Anda bisa gunakan Command Prompt untuk format flashdisk tersebut.

Berikut caranya:

  1. Pertama, silakan sambungkan flashdisk yang akan Anda format ke laptop atau PC Windows.
  2. Buka Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  3. Setelah itu, silakan Anda ketikkan CMD kemudian tekan Enter.
  4. Pada halaman Command Prompt yang terbuka, silakan Anda masukkan kode perintah format E:.
  5. Untuk huruf E silakan Anda sesuaikan dengan letter flashdisk yang terhubung dengan perangkat Anda.
  6. Jika sudah memasukkan kode perintah dan letter flashdisk dengan benar, silakan tekan tombol Enter.
  7. Tunggu proses format sampai selesai.
  8. Apabila prosesnya sudah selesai, biasanya Anda akan disuruh untuk memberi nama drive. Silakan Anda beri nama sesuai keinginan.
  9. Oh iya, pastikan juga proses format berjalan dengan sempurna. Tandanya adalah adanya pesan “Format complete” pada halaman CMD.
  10. Done.

Nah, itulah tadi pembahasan kita mengenai cara mengatasi flashdisk minta format terus menerus (terbukti berhasil) secara lengkap, dari penyebab sampai solusinya.

Cara-cara yang saya tahu sudah saya tuliskan lengkap di atas, dan mungkin masih ada cara lain yang bisa Anda gunakan.

Perlu dicatat kalau cara-cara di atas mungkin belum tentu berhasil mengatasi masalah flashdisk minta format. 

Jadi bila Anda gagal dengan cara ini, mungkin saja permasalahan yang Anda alami berbeda sehingga cara mengatasinya pun berbeda. 

Atau bisa juga, flashdisk Anda mengalami kerusakan komponen dan tidak bisa diperbaiki. Jadi, mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi flashdisk minta format. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu ada mengatasi masalah tersebut.

Terima kasih.

Wonosobo people, technology enthusiast, creator digital, & author at Komputizen.

Update:

Tinggalkan komentar