Cara Install Driver Laptop atau PC Windows dengan Mudah

Buat Anda yang baru saja menginstal ulang Windows, tentu memerlukan berbagai macam driver laptop atau PC yang harus dipasang.

Hal ini dikarenakan pasca install ulang Windows, semua data sistem atau data yang tersimpan pada harddisk (disk C) akan terhapus seluruhnya, termasuk driver apapun itu.

Untuk itu, Anda perlu install driver dengan tujuan agar semua hardware perangkat bisa terintegrasi dengan sistem operasi maupun program-program yang ada di dalam laptop atau PC Windows Anda.

Ketika melakukan instalasi driver di laptop atau PC, Anda biasanya memerlukan CD/DVD atau flashdisk driver bawaan yang berisi seluruh driver yang kompatibel.

Namun jika Anda tidak memilikinya, jangan khawatir, karena disini saya akan memberikan cara install driver laptop/PC Windows ini menggunakan aplikasi.

Lebih dari itu, bila Anda melakukan instalasi dengan cara ini, prosesnya sangat mudah, bahkan bisa dibuat secara otomatis (tidak perlu install driver manual satu per satu).

Cara Install Driver Laptop / PC dengan Driver Booster

Cara yang pertama untuk install driver laptop atau PC Windows, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Driver Booster.

Aplikasi ini merupakan salah satu software populer yang biasa dipakai untuk berbagai hal yang berkaitan dengan driver, seperti install atau update driver.

Untuk kualitas dari Aplikasi ini sudah tidak diragukan lagi, karena bila dilihat dari popularitas dan banyaknya pengguna tentu aplikasi ini sangat bagus.

Driver Booster ini memiliki 2 versi penggunaan, yaitu versi gratis dan berbayar. Namun, bila hanya digunakan untuk install driver laptop/PC Anda bisa menggunakan versi gratisnya saja.

Berikut ini langkah-langkah menginstal driver laptop/PC Windows menggunakan aplikasi Driver Booster:

  1. Pertama, tentunya Anda harus mengunduh Driver Booster terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silakan Anda install aplikasi tersebut seperti biasa. Jika sudah silakan jalankan/buka aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman utama aplikasi Driver Booster, silakan Anda klik tombol Scan now dan tunggu proses scaning driver sampai selesai.
  4. Setelah semuanya selesai di-scan, silakan Anda pilih driver yang ingin Anda install dan update dengan cara ceklis pada nama driver.
  5. Jika sudah, lanjut klik Update Now untuk memulai proses instalasi driver ke laptop atau PC Anda.
  6. Tunggu prosesnya sampai selesai, dari mulai proses download sampai proses update/install driver. Lama proses ini tergantung ukuran dan banyaknya  driver yang Anda dipilih, semakin besar dan banyak tentu akan memakan waktu yang lebih lama.
  7. Apabila semuanya selesai ter-install, silakan Anda klik Reboot untuk memulai ulang perangkat supaya driver yang baru ter-install tersebut bisa segera terintegrasikan dengan hardware dan sistem operasi.
  8. Done.

Ada beberapa catatan disini, yaitu bila laptop atau PC Anda adalah ber-tipe non-gaming, maka Driver Booster akan dengan mudah menginstal semua driver yang tersedia tanpa kendala.

Namun, bila laptop atau PC Anda tipenya gaming, mungkin ada beberapa driver (biasanya driver khusus game) yang tidak bisa di-install atau di-update pada versi aplikasi yang masih gratisan.

Sehingga, bila Anda ingin menginstal dan mengupdate driver game secara keseluruhan, maka Anda harus berlangganan Driver Booster dari iObit terlebih dahulu.

Cara Install Driver Laptop / PC dengan DriverPack

Selanjutnya pada cara yang kedua ini sedikit berbeda dengan Driver Booster, dimana aplikasi DriverPack ini benar-benar bisa digunakan secara gratis tanpa perlu berlangganan.

Hanya saja, aplikasi DriverPack ini memiliki satu kelemahan, dimana ia akan menginstal aplikasi lain yang tidak kita kehendaki secara otomatis seperti aplikasi browser, dan beberapa jenis aplikasi lainnya.

Sehingga bila Anda selesai menginstall driver laptop atau PC menggunakan aplikasi ini, nantinya Anda harus menghapus aplikasi yang terinstal otomatis oleh DriverPack.

Kasus aplikasi yang terinstal otomatis ini sering terjadi, bahkan jika saat proses install driver Anda sudah meng-klik No pada pop up untuk install aplikasi tambahan.

Oh iya, langsung saja berikut adalah cara menggunakan aplikasi DriverPack untuk install driver laptop atau PC Windows:

  1. Pertama, silakan Anda unduh DriverPack terlebih dahulu.
  2. Setelah terunduh, silakan install aplikasinya.
  3. Ketika proses instalasi selesai, aplikasi DriverPack biasanya akan terbuka secara otomatis. 
  4. Pada halaman utama aplikasi, silakan klik opsi Open expert mode yang berada di tengah bawah, kemudian tunggu beberapa saat.
  5. Setelah itu, akan muncul driver yang bisa dipasang ke laptop atau PC Anda.
  6. Silakan Anda pilih driver yang diinginkan, atau Anda bisa centang semua drivernya. Jika sudah silakan klik Install all pada bagian atas untuk memasang driver ke perangkat.
  7. Tunggu proses instalasi driver sampai selesai. Ingat ya, kalau muncul pop up untuk install aplikasi tambahan, silakan klik No saja.
  8. Setelah semua driver berhasil di-install, silakan restart laptop atau PC Anda dengan cara meng-klik Restart (recommended).
  9. Done.

Nah, sampai disini Anda sudah berhasil menginstal driver Windows di laptop maupun PC yang Anda gunakan.

Namun, seperti yang sudah saya singgung di atas, bahwa metode ini ada satu hal yang harus dilakukan setelah instalasi driver selesai, yaitu Anda harus uninstall aplikasi yang terpasang otomatis.

Untuk menghapusnya, Anda sudah pasti tahu caranya kan? Tinggal masuk ke Control Panel > Program and Features > Uninstall aplikasi yang diinginkan.

Untuk mencari aplikasi yang baru saja terinstal otomatis, silakan cek tanggal instalasinya. Atau bisa juga dengan urutkan tanggal instalasi dengan klik Installed On.

Cara Install Driver Laptop / PC Tanpa Aplikasi

Cara terakhir ini sebagai tambahan saja, Anda bisa gunakan program bawaan Windows yaitu Device Manager untuk menginstal driver.

Jadi buat Anda yang tidak mau menginstal aplikasi tambahan yang mungkin berbayar, atau mungkin Anda hanya ingin install driver tertentu saja bisa gunakan Device Manager ini.

Tapi bila Anda ingin install banyak driver, cara ini tidak disarankan, karena ribet harus memasang driver satu per satu.

Terkait cara melakukannya, bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan buka Device Manager melalui kolom pencarian Windows. 
  2. Atau untuk lebih mudahnya, bisa tekan Windows + R kemudian ketik devmgmt.msc lalu Enter.
  3. Setelah Device Manager terbuka, silakan Anda buka bagian yang ingin Anda pasang driver-nya. Biasanya part yang belum ada driver-nya akan ada ikon tanda tanya di atasnya.
  4. Pilih driver yang dinginkan kemudian klik kanan. Setelah itu, silakan klik Properties.
  5. Pada jendela Properties, silakan masuk ke tab Details. Kemudian klik satu kali pada opsi Property lalu pilih Hardware Ids.
  6. Selanjutnya akan terlihat keterangan hardware id dari perangkat tersebut. Silakan Anda klik kanan lalu pilih Copy.
  7. Buka situs pencari driver di internet. Setelah itu silakan Paste hardware id pada kolom pencarian lalu klik Search. 
  8. Tunggu sampai muncul daftar driver yang tersedia. Jika sudah pilih driver yang sesuai dengan perangkat kemudian klik Download.
  9. Setelah di-download, Anda bisa install driver tersebut secara manual dan offline pada laptop atau PC. 
  10. Bila sudah, restart dulu laptop atau PC-nya agar driver segera terintegrasi. 
  11. Done.

Nah, seperti itulah tadi cara install driver laptop atau PC Windows tanpa menggunakan CD/DVD, cukup menggunakan aplikasi Driver Booster dan DriverPack saja atau dengan Device Manager.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan dapat membantu memudahkan Anda yang ingin install driver Windows.

Oh iya, jika ada yang mengalami kesulitan saat mempraktikkan cara-cara  di atas, Anda bisa tanyakan saja di kolom komentar.

Terima kasih.

Wonosobo people, technology enthusiast, creator digital, & author at Komputizen.

Update:

Tinggalkan komentar