Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop / PC dengan Mudah

Keperluan memindahkan data atau file dari HP ke laptop / PC memang menjadi hal yang lumrah, dan alasannya pun bermacam-macam.

Ada yang ingin melonggarkan penyimpanan HP, membuat cadangan file HP di komputer, atau ada juga yang hanya sekadar perlu untuk transfer data atau file tersebut.

Terkait hal ini, Anda bisa memindahkan data/file melalui berbagai cara, seperti melalui koneksi nirkabel, menggunakan aplikasi, atau menggunakan kabel data.

Nah, buat Anda yang ingin memindahkan file seperti foto, dokumen, atau video dari HP ke laptop atau PC, silakan simak caranya pada ulasan di bawah.

Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop / PC

Cara memindahkan file dari HP ke laptop atau PC sebenarnya ada banyak metode yang bisa Anda gunakan. Dan semua cara tersebut akan saya jelaskan di bawah ini.

Menggunakan Bluetooth

Salah satu metode yang dari dulu sudah banyak digunakan untuk keperluan transfer file antar perangkat atau untuk memindahkan file dari HP ke laptop/PC adalah melalui koneksi nirkabel Bluetooth.

Fyi: Bluetooth merupakan teknologi komunikasi wireless untuk multimedia dengan jangkauan terbatas. 

Intinya Bluetooth ini berfungsi sebagai media untuk melakukan tukar-menukar informasi atau bertukar data/file antara perangkat satu dengan yang lainnya.

Nah, untuk memindahkan file dari HP ke laptop atau PC menggunakan Bluetooth, berikut caranya:

  1. Pertama, silakan aktifkan Bluetooth di HP Anda, dan pastikan sudah di-setting untuk bisa dilihat oleh perangkat lain.
  2. Jika sudah, silakan buka laptop atau PC Windows Anda, kemudian buka kolom search Windows dan ketikkan Bluetooth lalu tekan Enter.
  3. Pada halaman baru yang muncul, silakan Anda hidupkan Bluetooth di laptop atau PC tersebut dengan cara meng-klik tombol atau toggle On-Off Bluetooth.
  4. Setelah itu, siliakan Anda klik opsi Add Bluetooth or other device pada halaman yang masih sama.
  5. Pilih koneksi Bluetooth, Kemudian pilihlah Bluetooth HP Anda yang sudah diaktifkan sebelumnya. Jika sudah, silakan klik dan sambungkan.
  6. Sesudah itu, Anda bisa buka kembali HP-nya, kemudian buka File Manager atau File Explorer pada HP.
  7. Setelah itu, silakan pilih file yang akan dipindahkan ke laptop atau PC, kemudian klik dan tahan beberapa saat sampai muncul pilihan Share via Bluetooth.
  8. Setelah muncul pilihan koneksi Bluetooth, silakan Anda pilih Bluetooth tujuan (Bluetooth laptop atau PC).
  9. Jika diminta untuk mengkoneksikan keduanya, silakan ikuti saja panduannya.
  10. Tunggu proses pemindahan file sampai selesai. Lamanya tergantu banyaknya dan besarnya ukuran file yang dipindahkan.
  11. Done.

Menggunakan Kabel Data

Metode memindahkan file melalui kabel data memang banyak sekali dipakai. Alasannya karena dengan kabel data, proses perpindahan jauh lebih cepat dan mudah juga penggunaanya.

Oh iya, buat yang belum tahu, kabel data merupakan perangkat keras yang dipakai sebagai sarana penghubung komputer dengan HP atau perangkat lainnya. 

Kabel data juga bisa dipakai sebagai alat untuk melakukan sinkronisasi antara HP dengan laptop atau PC yang Anda gunakan.

Selain itu, kabel data juga bisa difungsikan untuk keperluan perbaikan sistem HP, seperti upgrade software, ganti IMEI, dan lain sebagainnya. 

Intinya sih, kabel data ini hanya sarana penghubung, kemudian untuk fungsinya tergantung penggunaan Anda. 

Nah, untuk memindahkan file dari HP ke laptop/PC melalui kabel data, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silakan siapkan kabel data yang sudah support transfer file (bukan cuma buat charge saja).
  2. Setelah itu, silakan sambungkan kabel data ke HP dan laptop/PC yang akan Anda gunakan untuk keperluan memindahkan file.
  3. Setelah terhubung, pada HP akan muncul notifikasi di HP. Pada bagian ini, silakan pilih mode Transfer file.
  4. Selanjutnya, Anda bisa langsung buka laptop atau PC yang sudah dihubungkan dengan HP melalui kabel data ini. Setelah itu buka File Exploler atau Windows Explorer di komputer Anda.
  5. Nah, setelah terbuka, maka akan muncul drive atau partisi baru yang sesuai dengan nama HP yang terhubung.
  6. Silakan, klik partisi HP tersebut, kemudian pilih pilih penyimpanan internal atau eksternal. Dan jika sudah, maka iu akan muncul file-file yang ada di HP Anda.
  7. Langkah selanjutnya, Anda bisa langsung memilih file yang ingin dipindahkan. Jika ingin memindahkan beberapa file, kamu bisa menekan tombol CTRL sambil klik mouse untuk memilih file.
  8. Jika sudah memilih, silakan Anda pilih opsi Cut (untuk memindahkan) atau Copy (untuk menyalin). Setelah itu buka penyimpanan di laptop atau PC Anda, kemudian Paste-kan file tersebut disana.
  9. Done.

Gunakan Card Reader

Buat Anda yang ingin memindahkan file yang disimpan di SD Card atau memori eksternal HP, maka Anda bisa gunakan sebuat alat yang bernama Card Reader.

Nah, Card Reader ini merupakan hardware yang berfungsi untuk membuat kartu memori bisa terbaca di laptop atau PC. 

Biasanya bentuknya seperti flashdisk dan terdapat beberapa lubang guna untuk memasukkan kartu memori dengan jenis dan ukuran yang berbeda-beda.

Untuk memindahkan file dari HP ke laptop atau PC menggunakan Card Reader, berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, sipakan alatnya terlebih dahulu, yaitu Card Reader.
  2. Setelah itu, silakan copot kartu memori (SD Card) dari HP Anda, kemudian masukkan ke dalam Card Reader tadi.
  3. Pasangkan Card Reader ke laptop atau PC yang akan digunakan untuk menyimpan file-nya. Kemudian tunggulah sesaat sampai card reader terbaca.
  4. Jika sudah, silakan Anda buka Windows Explorer di Windows, kemudian drive kartu memori (biasanya bernama USB Drive E).
  5. Selanjutnya, Anda bisa langsung memilih file di dalamnya yang akan dipindahkan ke laptop atau PC dengan metode Cut atau Copy seperti pada cara sebelumnya.
  6. Jika sudah memilih, Anda bisa langsung Paste file tersebut ke penyimpanan di laptop atau PC Anda.
  7. Done.

Pindahkan Menggunakan SHAREit

Buat Anda yang sering menggunakan aplikasi SHAREit di HP untuk keperluan transfer data atau file, maka Anda bisa juga gunakan aplikasi tersebut untuk memindahkan file dari HP ke laptop/PC.

SHAREit ini memang sudah sangat populer sebagai aplikasi transfer file di HP Android, dan tersedia juga untuk versi Dekstop-nya, sehingga Anda bisa berbagi file dari HP ke komputer.

Buat yang belum tahu, Cara kerja SHAREit ini adalah dengan cara membuat jaringan Hotspot dan WiFi khusus yang akan terhubung ke perangkat pengirim dan penerima.

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah memindahkan file dari HP ke laptop/PC menggunakan aplikasi SHAREit:

  1. Pertama, silakan download dan install aplikasi SHAREit terlebih dahulu, baik di HP dan laptop/PC Anda. Untuk Android, Anda bisa cari di PlayStore, dan untuk SHAREit for PC, bisa download disini.
  2. Jika aplikasi SHAREit sudah ter-install di kedua perangkat, silakan Anda buka aplikasi SHAREit di HP dan laptop/PC. Pada SHAREit HP silakan Anda pilih opsi Kirim.
  3. Selanjutnya, Anda bisa pilih file-file yang akan dipindahkan atau dikirimkan ke laptop atau PC. Jika sudah memilih, silakan kirim filenya dengan ketuk opsi Kirim.
  4. Setelah SHAREit di HP Anda mendeteksi adanya sinyal dari SHAREit laptop atau PC, maka silakan pilih Connect PC kemudian pilih opsi Go.
  5. Pada SHAREit di laptop/PC Anda, silakan buka barcode dengan cara pilih opsi Click here to connect phone.
  6. Pada SHAREit di HP Anda, silakan scan atau pindai barcode tersebut untuk menyambungkan.
  7. Tunggulah sesaat sampai koneksi berhasil, maka secara otomatis file akan dikirim.
  8. Done.

Menggunakan Software ShareMe

Buat Pengguna HP Xiaomi tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ShareMe. Nah, aplikasi ini bisa Anda manfaatkan untuk memindahkan file dari HP ke laptop atau PC.

Buat yang belum tahu, ShareMe adalah aplikasi untuk transfer file antar perangkat satu dengan lainnya. 

Cara kerja ShareMe kurang lebih mirip dengan SHAREit, yakni menggunakan fitur WiFi direct yang bisa mengirim file dari dan ke perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Langsung saja, buat Anda yang ingin memindahkan file dari HP ke laptop atau PC menggunakan ShareMe, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan Anda buka aplikasi ShareMe di HP. Nah, bila belum punya, Anda bisa download terlebih dahulu di Play Store.
  2. Setelah ShareMe terbuka, Anda akan menemukan berbagai pilihan menu yang bisa dipilih. Nah, pada bagian ini silakan Anda scroll ke bawah dan pilih menu Berbagi ke PC.
  3. Jika sudah, silakan Anda klik Mulai untuk menyambungkan laptop/PC dan HP ke jaringan yang sama. Pada aplikasi ShareMe ada alamat yang harus dicatat. Misalnya ftp://192.168.1.4:2121
  4. Langkah selanjutnya, silakan Anda buka Windows Explorer  di laptop atau PC Anda, kemudian pada menu This PC silakan masukkan alamat ShareMe yang tadi muncul di HP.
  5. Jika sudah memasukkan alamat dengan benar, silakan tekan tombol Enter. Setelah itu akan muncul file-file dari HP Anda.
  6. Langkah selanjutnya, Anda tinggal memilih file yang ingin dipindahkan ke penyimpanan laptop atau PC.
  7. Done.

Menggunakan Cloud Google Drive

Metode terakhir yang bisa Anda coba gunakan untuk memindahkan file dari HP ke laptop atau PC adalah dengan memanfaatkan aplikasi atau software Cloud.

Salah satu Cloud yang populer adalah Google Drive. Dengan Google Drive Anda bisa menyimpan data secara online di server mereka, mensinkronisasi data di perangkat berbeda dan saling berbagi berkas.

Lalu bagaimana cara memindahkan file dari HP ke laptop menggunakan Google Drive ini? Terkait caranya, Anda bisa langsung praktikkan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, silakan Anda Buka aplikasi Google Drive di HP. Anda bisa juga gunakan Google Drive versi Web.
  2. Silakan login ke Google Drive terlebih dahulu jika belum. Kalau sudah, silakan Anda tekan tombol plus (+) yang ada di pojok kanan bawah halaman awal Google Drive.
  3. Setelah itu, Silakan Anda upload file yang nantinya akan dibagikan ke perangkat lain. Kemudian tunggu sampai proses upload selesai.
  4. Buka Google Drive di laptop atau PC, kemudian login menggunakan akun yang sama dengan yang digunakan upload file di HP Anda sebelumnya.
  5. Setelah Google Drive terbuka, silakan Anda masuk ke menu Drive Saya. Jika sudah maka akan muncul file yang sebelumnya di-upload dari HP.
  6. Bila diperlukan, Anda bisa download file tersebut untuk menyimpannya ke laptop atau PC.
  7. Done.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai cara memindahkan file dari HP ke laptop atau PC dengan mudah dan cepat. 

Dari cara-cara yang saya tuliskan di atas, biasa Anda pilih salah satu saja yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Wonosobo people, technology enthusiast, creator digital, & author at Komputizen.

Update:

Tinggalkan komentar