Cara Merapikan Titik Dua di Word Semua Versi dengan Mudah

Ketika Anda membuat sebuah dokumen apapun, terutama dokumen formal, tentu Anda harus membuatnya dengan benar dan rapi. Terutama pada bagian yang menggunakan titik dua.

Karena dengan begitu, dokumen akan terlihat lebih profesional dan mudah untuk dibaca. Nah, salah satu penggunaan titik dua adalah pada dokumen berisi biodata atau semacamnya.

Ngomongin soal aplikasi pengolah kata yang biasa untuk membuat dokumen formal memang yang paling populer adalah aplikasi Microsoft Word.

Nah, kemudian untuk membuat titik dua di Word dengan rapi, sebenarnya tidak begitu sulit. Tetapi buat yang belum tahu dan belum pernah membuatnya, tentu membutuhkan panduan.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan panduan merapikan titik dua di aplikasi Microsoft Word dengan cara yang paling mudah, dan gampang diikuti oleh pemula sekalipun.

Cara Merapikan Titik Dua di Word

Mungkin buat yang belum tahu caranya, sering menggunakan tombol spasi untuk membuat jarak antara kata dan titik dua. Namun bisa dipastikan, cara ini tidak akan membuat titik dua jadi rapi.

Posisi titik dua yang tidak sejajar itu akan menjadi fokus orang yang membaca sebuah dokumen, dan membuat pembacanya merasa kurang nyaman.

Untuk itu, sebisa mungkin Anda harus menghindari kesalahan tersebut, dengan mengikuti cara merapikan titik dua di Word, seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Menggunakan Tombol Tab

Cara pertama Anda bisa menggunakan salah satu tombol keyboard yaitu tombol Tab, yang posisi tombolnya ada di pojok kiri keyboard.

Merapikan titik dua di Word dengan tombol Tab ini menjadi cara yang populer, dan mudah digunakan. Bahkan saya sendiri sering menggunakan cara ini, karena memang mudah.

Nah, berikut cara merapikan titik dua di Word dengan tombol Tab:

  1. Pertama, tuliskan semua teks yang akan diberikan titik dua. Sebagai gambaran, disini saya akan mencontohkannya dengan biodata.
  2. Jika sudah, aktifkan kursor pada huruf terakhir yang tulisannya paling panjang. Setelah itu, tekan tombol Tab lalu berikan tanda titik dua (:).
  3. Selanjutnya, lakukan hal yang sama dengan memberikan tombol Tab dan titik dua pada semua tulisan biodata tersebut.
  4. Sekarang, posisi titik dua tersebut sudah sejajar dan rapi. Namun jika belum rapi, silahkan berikan Tab lagi pada masing-masing teks tersebut.
  5. Done.

Dengan Ruler di Word

Lanjut ke cara kedua, dimana disini Anda akan menggunakan kombinasi tombol Tab dan fitur Ruler di Word untuk merapikan titik dua.

Cara ini sebenarnya hampir mirip dengan cara pertama, bedanya Anda tidak banyak menekan tombol Tab. Karena proses merapikan titik dua akan diproses oleh Ruler.

Langsung saja, berikut langkah-langkah merapikan titik dua di Word dengan metode Ruler:

  1. Pertama, silakan aktifkan terlebih dahulu fitur Ruler di MS Word dengan cara, klik menu View lalu centang opsi Ruler.
  2. Setelah itu, tuliskan teks dan titik dua yang akan Anda rapikan. Urutannya adalah, tuliskan Teks yang diinginkan kemudian tekan tombol Tab lalu berikan tanda titik dua setelahnya.
  3. Intinya, silakan gunakan tombol Tab untuk membuat jarak, bukan tombol spasi.
  4. Selanjutnya, untuk merapikan titik dua tersebut, silakan seleksi (blok) tulisan tersebut kemudian klik dan tahan bagian Ruler sampai muncul tanda L.
  5. Geser tanda L tersebut ke kanan ataupun ke kiri. Sesuaikan saja dengan teks yang Anda tuliskan, agar titik dua menjadi sejajar. Atau untuk lebih simpelnya, Anda bisa juga langsung memilih posisi di Ruler setelah menyeleksi tulisan.
  6. Done.

Buat Menggunakan Tabel

Sebenarnya, dengan cara di atas Anda sudah bisa merapikan titik dua di Word dengan sangat mudah. Namun jika penasaran dengan lain, bisa coba cara ini.

Di cara ketiga ini, kita akan menggunakan fitur tabel di Word. Nah, cara ini biasanya digunakan untuk membuat titik dua pada banyak kata, seperti pada formulir tertentu.

Cara kerja metode tabel ini adalah, Anda membuat tabel pada MS Word, kemudian menuliskan teks beserta titik dua, lalu Anda tinggal hilangkan garis tabel tersebut.

Daripada bingung, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buatlah tabel sejumlah tulisan yang diinginkan. Contohnya, disini saya akan membuat dua kolom tabel, dengan delapan baris (atau ukurannya adalah 2×8).
  2. Nah, Untuk membuat tabel, silahkan klik Insert kemudian pilih opsi Table lalu sesuaikan ukuran tabel yang Anda inginkan.
  3. Selanjutnya, isi tabel tersebut dengan teks sesuai keinginan Anda. Oh ya, silahkan masukkan titik dua (:) di kolom tabel kedua.
  4. Sekarang, rapikan jarak antara kolom pertama dengan kolom kedua. Caranya, geser garis pada tabel hingga posisinya sesuai dengan keinginan Anda.
  5. Terakhir, silakan hilangkan garis tabel dengan seleksi (blok) semua bagian tabel kemudian klik border lalu pilih No border seperti pada gambar di bawah.
  6. Done.

Nah, itulah tadi cara merapikan titik dua di Microsoft Word semua versi. Jadi, Anda bisa menggunakan cara-cara yang saya tuliskan di atas di Word versi berapapun.

Oh iya, Anda bisa memilih salah satu cara yang paling mudah dan paling efektif. Sekian dari saya, dan semoga bermanfaat.

Wonosobo people, technology enthusiast, creator digital, & author at Komputizen.

Update:

Tinggalkan komentar