Cara Cek Versi NET Framework di laptop atau PC Windows

NET Framework (Dot NET) adalah software penerjemah bahasa pemrograman tertentu di laptop atau PC Windows.

Peran NET Framework ini sangatlah penting, karena untuk menjalankan sebuah aplikasi, game ataupun program tertentu, Dot NET harus menerjemahkan program yang tertulis di dalamnya.

NET Framework sendiri memiliki banyak versinya di Windows. Karena semakin baru versi NET Framework, maka kompabilitasnya dengan berbagai program juga semakin tinggi. 

Oleh karena itulah Anda perlu cek versi NET Framework di laptop atau PC yang digunakan, agar aplikasi atau game bisa dijalankan dengan baik dan tidak terjadi error tertentu.

Oh iya, sekarang juga banyak aplikasi yang mengharuskan penggunanya untuk memasang NET Framework versi terbaru. Tujuannya adalah agar aplikasi tersebut bisa dioperasikan atau dijalankan dengan normal.

Cara Cek Versi NET Framework di Windows

Perlu diketahui juga kalau NET Framework selalu diperbarui dalam jangka waktu tertentu, sehingga ketika ada pembaruan, kita juga harus menginstal DOT NET ter-update-nya

Disamping itu, cek NET Framework juga harus Anda lakukan ketika baru saja melakukan reset atau install ulang Windows melalui bootable, guna untuk memastikan kalau laptop atau PC sudah terpasang Dot NET atau belum.

Tapi sayangnya, ternyata masih banyak pengguna laptop atau PC Windows yang belum tahu cara cek versi NET Framework tersebut, sehingga butuh panduan melakukannya.

Berangkat dari hal tersebutlah artikel ini saya buat untuk memberikan tutorialnya. Yuk, simak lebih detail tentang cara cek versi Dot NET di bawah ini!

Cek Lewat Control Panel

Untuk cek NET Framework versi lama (4.5 ke bawah) bisa dilakukan melalui Control Panel. Cara melihatnya pun sangat simpel, karena Anda cukup membuka control panel saja.

Berikut ini langkah-langkah melakukannya:

  1. Buka Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Ketik Control Panel lalu tekan Enter.
  3. Setelah halaman Control panel sudah terbuka, silakan klik menu Uninstall a Program.
  4. Pada halaman yang terbuka selanjutnya, silakan scroll ke bawah dan periksa aplikasi NET Framework.
  5. Nah, disana akan ada informasi detail versi NET framework di laptop atau PC Anda.
  6. Done

Tetapi kalau ternyata Dot NET tidak ada di dalam Control Panel tersebut, berarti versi Dot NET-nya diatas 4.5. Jadi ya Anda tidak akan menemukannya disitu. 

Nah, untuk itu silakan Anda coba cara cek versi NET Framework berikutnya.

Periksa di File Explorer

Pada Aplikasi File Explorer atau Windows Explorer Anda bisa melihat versi NET Framework, loh. Karena folder instalasi dari Dot NET yang terpasang di laptop/PC tersimpan di File Explorer.

Cara melihatnya adalah dengan membuka accessibility, setelah itu informasi mengenai NET Framework yang ter-install di perangkat akan ditampilkan, termasuk versinya.

Nah, untuk lebih jelasnya, silakan langsung ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, silakan ketikkan C:\Windows\Microsoft.NET\Framework. Oh iya, untuk “C:” silakan Anda sesuaikan dengan nama partisi penyimpanan sistem di laptop atau PC yang Anda pakai.
  3. Jika sudah, langsung saja klik OK atau tekan Enter.
  4. Selanjutnya halaman yang dituju akan terbuka, dan Anda akan melihat folder Framework. Untuk mengecek verisnya, silakan klik dua kali pada folder dengan nomor versi tertinggi. Atau bisa juga cek nomor versi yang diiginkan.
  5. Di halaman folder Framework yang sibuka, silakan cari dan temukan file Accessibility.dll. Setelah itu klik kanan dan pilih Properties.
  6. Setelah halaman baru terbuka, silakan Anda masuk ke tab Details di bagian atas halaman.
  7. Setelah terbuka, halaman tersebut akan menampilkan berbagai informasi tentang NET Framework yang terinstal di laptop atau PC Windows Anda. Untuk versinya, bisa dilihat pada Product Version/File Version.
  8. Done.

Melalui Command Prompt

Metode selanjutnya yang terbilang mudah digunakan untuk cek versi NET Framework adalah melalui Command Prompt (CMD).

Dengan CMD ini saya jamin informasi yang diberikan (versi Dot NET) sangat akurat dan bahkan bisa digunakan untuk mengetahui untuk semua versi Dot NET (termsuk versi lama).

Maka dari itu, silakan gunakan CMD untuk melihat versi NET Framework. Berikut caranya:

  1. Pertama, silakan buka jendela Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, ketik CMD di bagian Open lalu klik OK atau tekan Enter.
  3. Jika Command Prompt sudah terbuka, silakan Anda masukkan kode perintah reg query “HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Net Framework Setup\NDP\v4” /s.
  4. Pastikan Anda memasukkan kode perintahnya dengan benar, jika sudah silakan tekan Enter.
  5. Tunggu prosesnya sesaat, dan Anda bisa lihat versi NET Framework di bagian Version (di paling bawah).
  6. Done.

Gunakan Windows Powershell

Buat yang belum tahu, Windows Powershell juga termasuk salah satu tool advanced dari Microsoft yang bisa digunakan untuk berbagai hal, yang kurang lebih fungsinya mirip dengan CMD (Command Prompt).

Nah, dengan Powershell Anda juga cek versi NET Framework yang terinstal di laptop atau PC Windows Anda, hanya dengan memasukkan sebuah kode perintah khusus di Powershell.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, buka Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Ketikkan Powershell kemudian tekan Enter.
  3. Setelah halaman Powershell terbuka, silakan Anda input kode perintah Get-ChildItem ‘HKLM:\SOFTWARE\Microsoft\NET Framework Setup\NDP’ -Recurse | Get-ItemProperty -Name version -EA 0 | Where { $_.PSChildName -Match ‘^(?!S)\p{L}’} | Select PSChildName, version.
  4. Pastikan Anda memasukkan kode perintah tersebut dengan benar, ya. Nah, kalau sudah, tinggal tekan tombol Enter.
  5. Tunggulah proses tersebut sampai selesai loading. Nah, setelahnya Windows Powershell akan menampilkan daftar versi NET Framework yang ter-install di PC atau laptop Anda.
  6. Oh iya, Anda bisa perhatikan angka tertinggi pada daftar yang muncul, karena itu merupakan versi program NET Framework terbaru yang terinstal di perangkat Anda.
  7. Done.

Cek Melalui Regedit

Metode selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk cek versi NET Framework adalah dengan menggunakan program Windows bernama Registry Editor (Regedit).

Regedit merupakan sebuah program yang mengatur registry di komputer. Registry tersebut jumlahnya banyak, dan salah satunya ada registry dari NET Framework yang terinstal, serta disana Anda juga bisa tahu versi Dot NET tersebut.

Silakan ikuti langkah-langkah di bawah untuk mengecek NET Framework melalui Regedit:

  1. Buka jendela Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, silakan ketikkan Regedit kemudian tekan Enter.
  3. Jika halaman Registry Editor terbuka, silakan Anda masuk ke folder HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > NET Framework Setup.
  4. Setelah itu, buka folder NDP yang ada di dalam bagian tersebut.
  5. Silakan perhatikan sub folder NET Framework, karena disana Anda bisa lihat versi dari Dot NET.

Di dalam folder di atas, Anda bisa melihat NET Framework versi 1 sampai dengan versi 4. Dan untuk melihat NET Framework versi 4.5 ke atas, Anda harus mempraktikkan langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, silakan buka Registry Editor (Regedit) melalui cara yang sudah saya jelaskan sebelumnya.
  2. Pada halaman Registry Editor, silakan Anda masuk ke direktori HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > NET Framework Setup > NDP >v4.
  3. Selanjutnya, silakan Anda buka folder Full.
  4. Setelah terbuka, Anda akan langsung bisa melihat versi Framework yang terpasang di laptop atau PC Anda.
  5. Nah,, bila didalamnya tidak ada folder Full, berarti perangkat Anda belum terpasang program NET Framework versi 4.5 atau lebih baru.
  6. Done.

Sebagai informasi tambahan, Anda bisa mengecek file release Dot NET seperti gambar di atas, untuk mengetahui Value DWORD.

Nah, Value DWORD tersebut berisi informasi angka yang menandakan versi NET Framework yang terpasang di perangkat Anda.

Tapi Anda perlu pastikan versi programnya dengan value DWORD, dengan membaca “.NET Framework versions and dependencies” di halaman situs Microsoft.

Untuk contoh Value DWORD yang disandingkan dengan Versi Program NET Framework:

Value DWORDVersi Program
379893NET Framework 4.5.2
394802NET Framework 4.6.2
460798NET Framework 4.7
528372NET Framework 4.8
533325NET Framework 4.8.1

Pakai ASoft NET Version Detector

Perlu diketahui juga kalau semua metode cek versi NET Framework di laptop atau PC seperti yang sudah saya jelaskan di atas merupakan cara manual.

Nah, masih ada satu cara lagi yang terbilang lebih simpel dan tentu akan lebih mudah. Nah, caranya adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan ASoft NET Version Detector.

Walaupun bisa dibilang mudah untuk mengetahui versi NET Framework yang terinstal, tapi Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi ASoft NET Version Detector.

Aplikasi tersebut selain bisa cek versi Dot NET terinstal, juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah Dot NET yang terinstal sudah lengkap semua ataukah belum, serta apakah sudah memakai versi terbaru atau belum.

Ditambah lagi pada aplikasi tersebut juga akan muncul Dot NET yang perlu diperbarui di laptop atau PC Anda.

Jadi tidak ada salahnya gunakan cara satu ini. Mudah kok penggunaan aplikasi tersebut, karena sifatnya portable, jadi kamu hanya perlu download kemudian tinggal jalankan saja programnya.

Cukup sekian pembahasan mengenai cara cek versi NET Framework di laptop atau PC Windows, yang bisa Anda ikuti dan praktikkan caranya.

Semoga dengan semua metode yang sudah saya jelaskan di atas bisa membantu dan memudahkan Anda bila perlu cari tahu versi Dot NET pada laptop atau PC.

Sekian dari saya, dan terima kasih.

Wonosobo people, technology enthusiast, creator digital, & author at Komputizen.

Update:

Tinggalkan komentar