Cara Membagi Layar Laptop / PC Menjadi 2, 3, 4 Bagian

Ketika Anda sedang melakukan pekerjaan di laptop atau PC yang membutuhkan dua aplikasi atau lebih, tentunya Anda akan bolak balik membuka aplikasi yang digunakan, secara bergantian.

Mengapa Anda tidak mencoba untuk membagi layar laptop atau layar monitor PC menjadi 2, 3, sampai 4 bagian?

Padahal dengan pembagian layar, akan dapat menyelesaikan pekerjaan Anda di komputer secara cepat dan juga efisien.

Contohnya, ketika sedang menulis, tentu Anda membutuhkan aplikasi pengolah kata (Word) dan juga biasanya Anda membuka browser untuk referensi tulisannya. 

Jadi dengan membagi layar menjadi 2 bagian dapat memudahkan Anda untuk mengerjakan hal tersebut secara bersamaan, dan tidak perlu kerja dua kali.

Cara Membagi Layar Monitor Menjadi 2, 3 Sampai Bagian

Untuk menggunakan fitur pembagi layar laptop ataupun layar monitor PC menjadi 2, 3 atau 4 bagian sebenarnya sangatlah mudah, yakni hanya dengan menggunakan fitur khusus yang disediakan Windows. 

Fitur tersebut bernama Split Screen, yang memungkinkan penggunanya untuk mengerjakan sesuatu secara bersamaan dengan 2 sampai 4 bagian layar.

Split Screen memang dapat membagi layar laptop atau PC Windows menjadi beberapa tampilan, sehingga Anda dapat melihat beberapa tampilan aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Namun perlu Anda ketahui kalau fitur Split Screen ini hanya dapat digunakan pada aplikasi yang memiliki jendela dengan title bar (Windowed), dan tidak bisa digunakan pada aplikasi Full Screen, seperti game.

Selanjutnya, bagaimana cara membagi layar menjadi beberapa bagian? Terkait cara melakukannya, silakan Anda simak ulasannya di bawah ini, dan Anda juga bisa langsung mempraktikkannya.

Cara Membagi Layar Laptop / PC Menjadi 2 Bagian

Untuk membagi layar laptop menjadi 2 bagian, disini saya memberikan 3 metode yang bisa Anda pakai, yakni menggunakan kursor, keyboard dan menggunakan fitur Snap Assist

Simak ulasan berikut untuk lebih jelasnya!

Gunakan Kursor

Metode pertama, Anda bisa membagi layar laptop atau PC menjadi 2 bagian dengan mudah, hanya dengan memanfaatkan kursor atau mouse.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, silakan Anda siapkan 2 aplikasi yang akan ditampilkan pada layar monitor.
  2. Setelah itu, silakan Klik dan tahan pada bagian title bar aplikasi pertama.
  3. Kemudian, tarik aplikasi tersebut ke sebelah kiri atau kanan layar. Pastikan, Anda menariknya sampai kursor menyentuh tepi layar dan sampai muncul bayangan di desktop.
  4. Jika sudah, silakan lepaskan klik touchpad atau mouse.
  5. Langkah selanjutnya, silakan lakukan hal yang sama pada aplikasi kedua dan tempatkan pada salah satu sisi layar yang masih kosong.
  6. Done.

Gunakan Keyboard

Selain dengan memanfaatkan kursor, Anda juga dapat membagi tampilan layar laptop atau PC menjadi 2 bagian, hanya dengan menekan shortcut key di keyboard.

Langsung saja, berikut adalah langkah-langkah membagi layar laptop atau PC jadi 2 bagian:

  1. Pertama, tentu Anda harus menyiapkan dua aplikasi yang ingin ditampilkan pada layar monitor.
  2. Silakan Anda pilih aplikasi pertama, kemudian tekan tombol kombinasi Windows + Panah Kanan untuk menggesernya ke layar sebelah kanan.
  3. Jika sudah, silakan buka aplikasi kedua, kemudian tekan tombol kombinasi Windows + Panah Kiri untuk menempatkan tampilan aplikasi di layar sebelah kiri.
  4. Done, sangat mudah kan?

Manfaatkan Snap Assist

Pada Windows 10, terdapat fitur bernama Snap Assist yang berfungsi untuk membagi tampilan layar laptop atau PC Windows 10 menjadi beberapa bagian.

Oh iya, fitur ini sebenarnya fitur inilah yang membuat tampilan layar menjadi 2 bagian, seperti pada metode kursor atau keyboard.

Ketika Anda menggeser salah satu aplikasi ke sisi layar (sebagaimana di atas), maka di sisi lain akan muncul sebuah thumbnail berisi beberapa aplikasi aktif lainnya.

Dari situ, sebenarnya sudah kelihatan kalau fitur Snap Assist sedang berjalan. Namun, bila ingin menggunakannya secara langsung, berikut langkah-langkahnya:

  1. Siapkan dua aplikasi yang ingin ditampilkan pada layar laptop atau PC Anda, dan pastikan Anda membuka keduanya terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, siilakan tempatkan salah satu aplikasi ke sisi layar tertentu dengan menggunakan kursor atau keyboard seperti pada metode sebelumnya.
  3. Setelah itu akan muncul thumbnail aplikasi lain yang sedang berjalan di sisi lain layar.
  4. Silakan Anda klik salah satu thumbnail aplikasi yang ingin Anda tempatkan di sisi kedua layar laptop atau PC Anda.
  5. Done.

Dengan Snap Assist ini, Anda dapat mengatur ukuran layar pada masing-masing aplikasi. Caranya adalah dengan menempatkan kursor pada bagian tengah antara kedua aplikasi tersebut.

Setelah muncul bar hitam pada tampilan layar tersebut, silakan Anda geser bar tersebut ke kanan atau ke kiri untuk memperlebar atau mempersempit tampilan aplikasi.

Cara Membagi Layar Laptop / PC Menjadi 3 atau 4 Bagian

Layar laptop atau komputer tidak hanya bisa dibagi menjadi 2 bagian saja, melainkan Anda bisa membaginya menjadi 3 atau 4 bagian.

Sehingga bila ingin membagi layar jadi 3 bagian, Anda juga harus membuka atau menjalankan 3 aplikasi. Begitu juga jika ingin membagi layar jadi 4 bagian.

Lalu bagaimana caranya? Nah, agar Anda bisa lebih mudah memahaminya, silakan langsung saja simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi pertama, kemudian tekan tombol kombinasi Windows + Panah Kiri lalu tekan tombol kombinasi Windows + Panah Atas. Jika sudah maka aplikasi 1 akan terletak di pojok kiri atas layar.
  2. Buka aplikasi kedua, kemudian tekan tombol kombinasi Windows + Panah Kiri > Windows + Panah Bawah. Aplikasi 2 akan ditempatkan pada bagian kiri bawah layar laptop atau PC.
  3. Bukalah aplikasi ketiga, kemudian tekan tombol kombinasi Windows + Panah Kanan > Windows + Panah Atas. Setelah itu, aplikasi 3 akan terletak di kanan atas layar monitor.
  4. Buka aplikasi keempat jika ingin menampilkan 4 bagian dalam 1 layar. Setelah itu, silakan tekan tombol kombinasi Windows + Panah Kanan kemudian tekan tombol Windows + Panah Bawah. Aplikasi 4 akan ditampilkan pada sisi kanan bawah layar.
  5. Done.

Dengan cara ini Anda dapat menampilkan 3 ataupun 4 aplikasi sekaligus dalam satu layar dengan ukuran sama besar.

Jika Anda hanya ingin menampilkan 3 aplikasi, silakan sesuaikan pada langkah 3, untuk cukup menekan tombol kombinasi Windows + Panah Kanan saja.

Untuk penyesuaian penempatan aplikasi, tentu Anda pasti bisa melakukan sendiri, hanya tinggal menyesuaikan langkah-langkah di atas dengan keinginan Anda.

Oh iya, selain dengan tombol kombinasi di atas, Anda juga bisa gunakan kursor. Jadi, Anda tinggal menarik jendela aplikasi ke pojok layar (kanan atas/bawah, kiri atas/bawah), dan begitu seterusnya sampai 4 aplikasi.

Tidak Bisa Membagi Layar Menjadi 3 atau 4 Bagian?

Buat Anda yang tidak bisa membagi layar laptop atau PC menjadi 3 atau 4 bagian, itu adalah karena sistem operasi tidak kompatibel.

Karena yang mendukung pembagian layar menjadi 3 atau 4 bagian adalah Windows 10 dan Windows 11.

Jadi laptop atau PC dengan sistem operasi Windows versi di bawahnya hanya mendukung split layar menjadi 2 bagian saja. 

Nah, demikianlah tadi pembahasan mengenai cara membagi layar laptop atau PC menjadi 2, 3 atau 4 bagian tanpa memerlukan aplikasi tambahan, hanya dengan memanfaatkan fitur Windows.

Mungkin cukup sekian saja artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Wonosobo people, technology enthusiast, creator digital, & author at Komputizen.

Update:

Tinggalkan komentar