Cara Mudah Mengatasi Obtaining IP Address WiFi di Android

Buat para pengguna WiFi mungkin tidak begitu asing dengan istilah Obtaining IP Address. Dimana ini merupakan sebuah proses atau prosedur pengambilan alamat IP di HP ketika tersambung ke internet via WiFi.

Namun sering juga terjadi error atau permasalahan pada hal tersebut, yang membuat HP Android stuck pada saat proses Obtaining IP Address. Dan berakibat ke HP Android tidak bisa tersambung dengan WiFi.

Masalah Obtaining IP Address WiFi tersebut bisa terjadi pada HP Android merk apapun tanpa terkecuali, karena kebanyakan kasus error tersebut disebabkan oleh sistem Android yang bermasalah.

Bila tidak segera diatasi tentu akan membuat kita sebagai pengguna HP Android tidak akan bisa menyambungkan ke jaringan WiFi. Nah, untuk itulah disini saya akan memberikan solusi untuk memperbaiki Obtaining IP Address WiFi di HP Android.

Jadi, silakan simak artikel ini sampai selesai, agar Anda bisa tahu bagaimana langkah-langkah untuk mengatasi error tersebut, sehingga nanti HP Anda bisa normal lagi dan bisa tersambung ke jaringan WiFi.

Kenapa Obtaining IP Address Bisa Terjadi?

Buat Anda yang penasaran tentang proses terjadinya Obtaining IP Address WiFi di HP Android, dibawah saya akan memberikan rangkuman prosesnya secara sederhana.

Berikut detailnya:

  1. Pertama, WiFi diaktifkan di HP Android pengguna.
  2. Kemudian pengguna tersebut mengetuk jaringan WiFi yang tersedia, kemudian menyambungkannya.
  3. Setelah itu, pasti pengguna akan menekan tombol connect, sehingga proses penyambungan berjalan.
  4. Nah, proses selanjutnya setelah mencoba connect, maka HP Android tersebut akan mengambil IP Address dari perangkat yang menyediakan jaringan WiFi.
  5. Setelah proses berjalan seluruhnya, maka HP akan bisa tersambung ke jaringan WiFi tersebut, dan Anda bisa menggunakannya untuk internetan.

Normalnya sih begitu, namun berbeda lagi, bila  pada proses pengambilan IP Address malah muncul suatu masalah atau error.

Misalnya saja error Failed to Obtain IP Address, yang mana ini akan menyebabkan HP Android gagal connect dengan jaringan WiFi.

Kadang ada juga kasus dimana saat Anda menyambungkan HP ke jaringan WiFi dan malah mendapati masalah Obtaining IP Address yang mengalami stuck.

Akibatnya HP Android tidak bisa terhubung dengan WiFi tersebut, dan biasanya biasanya hanya stuck pada proses loading-nya yang nggak beres-beres.

Cara Mengatasi Obtaining IP Address WiFi di Android

Nah, selanjutnya untuk mengatasi masalah Obtaining IP Address WiFi di HP Android ini sebenarnya tidak begitu sulit. 

Karena memang pada dasarnya ini termasuk permasalahan ringan pada sistem Android, sehingga akan mudah diatasi jika Anda mempraktikkan cara-cara yang saya jelaskan di bawah ini.

Gunakan Mode Pesawat

Ketika Anda menghidupkan mode pesawat (airplane mode) di HP, maka jaringan akan dinonaktifkan secara keseluruhan, termasuk bluetooth, mobile data, dan  tentunya WiFi. 

Dan perlu diketahui juga bahwa banyak orang yang mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat secara singkat untuk mencari sinyal atau menguatkan sinyal data seluler.

Nah, selain itu metode ini juga bisa dipraktikkan untuk mengatasi masalah Obtaining IP Address WiFi di HP Android. 

Berikut langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama, pastikan HP Android Anda sudah menyala.
  2. Gulir ke bawah di bagian bar notifikasi. Pada beberapa tipe HP, menu shortcut ada juga yang di bawah bukan di atas, jadi silakan tarik dari bagian bawah ke atas.
  3. Setelah halaman menu shortcut terbuka, silakan Anda pilih opsi Airplane Mode (Mode Pesawat).
  4. Hidupkan Airplane Mode dengan tap pada ikon pesawat. Setelah beberapa saat silakan langsung matikan Airplane Mode tersebut.
  5. Jika sudah, Anda bisa menghidupkan lagi WiFi di HP, lalu cobalah untuk menyambungkan ke jaringan WiFi yang sebelumnya error.
  6. Done.

Hubungkan Ulang WiFi

Cara mudah lainnya yang bisa Anda praktikkan untuk mengatasi masalah Obtaining IP Address WiFi di HP Android adalah dengan melakukan disconnect atau melupakan jaringan WiFi lalu menyambungkan ulang. 

Tujuannya adalah untuk menghapus konfigurasi data dari jaringan WiFi tersebut, mulai dari SSID, password, dan sebagainya dari HP Anda.

Cara ini juga terbukti efektif untuk mengatasi permasalahan pada WiFi yang disebabkan oleh bug, termasuk Obtaining IP Address yang stuck

Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan buka Setelan di HP Android yang Anda gunakan.
  2. Masuklah ke pengaturan WiFi disana. Untuk memudahkan mencarinya, Anda bisa manfaatkan kolom pencarian Setelan.
  3. Pada halaman WiFi, silakan Anda pilih jaringan WiFi yang bermasalah, setelah itu silakan tap dan tahan lalu pilih opsi Lupakan WiFi.
  4. Apabila Anda menggunakan bahasa inggris, maka nama menunya adalah Forget WiFi.
  5. Jika sudah, silakan coba untuk menyambungkan ulang HP ke jaringan WiFi tersebut.
  6. Done, seharusnya dengan begini masalah Obtaining IP Address akan hilang.

Mulai Ulang WiFi

Jaringan WiFi itu biasanya menggunakan router ataupun modem internet sebagai alat pemancarnya (sumber hotspot).

Sehingga dengan memulai ulang (reboot) router atau modem WiFi bisa menjadi cara alternatif untuk mengatasi masalah Obtaining IP Address. 

Nah, dengan reboot  router atau modem WiFi akan menghilangkan bug pada sistem dan juga mengatasi processor full pada router yang membuat perangkat susah connect dengan jaringan WiFi.

Perlu diketahui juga, kalau router atau modem itu pada dasarnya mirip seperti komputer mini yang memiliki prosesor dan memori yang lebih terbatas. 

Dan bug bisanya muncul ketika penggunaan CPU dan memory pada router telah mencapai batas maksimum. 

Nah untuk soulsi mudahnya, silakan coba cabut adaptor router atau modem kemudian diamkan sekitar 1 menit, dan setelah itu silakan colokkan kembali adaptor tersebut.

Selain itu Anda juga perlu me-refresh processor dengan cara reboot sistem pada router atau modem, agar beban kerja sistem tidak berat, dan bisa kembali dalam keadaan segar. 

Ketika router di-reboot maka sistem akan melakukan reconnect dengan jaringan dari ISP, sehingga jika terdapat masalah sistem maka akan bisa teratasi secara otomatis. 

Kemudian, untuk melakukannya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, silakan Anda buka browser melalui HP ataupun laptop/PC yang tersambung dengan WiFi dari router yang dipakai.
  2. Selanjutnya, silakan login ke halaman admin WiFi dari router Anda. Silakan gunakan link yang disediakan router atau ISP yang Anda gunakan. 
  3. Oh iya, pada tiap router, alamat login admin-nya juga berbeda-beda. Dan biasanya di bawah router terdapat stiker yang berisi informasi router, seperti alamat login admin. Atau Anda juga bisa browsing halaman admin dari merk router Anda di Google.
  4. Setelah Anda berhasil masuk ke halaman admin dari router, selanjutnya Anda tinggal cari dan buka menu Settings atau Setelan disana.
  5. Selanjutnya, masuk ke menu Device, kemudian cari opsi Reboot di sana (sesuaikan saja dengan tampilan router Anda).
  6. Apabila menu tersebut sudah ketemu, silakan Anda klik Reboot Router tersebut, dan tunggu router melakukan booting ulang sampai 100%.
  7. Done.

Setelah booting router selesai, harusnya masalah Obtaining IP Address akan hilang. Namun dengan syarat kalau permasalahannya murni hanya karena error ringan di router WiFi.

Mulai Ulang HP Android

Selian memulai ulang router atau modem WiFi, memulai ulang HP Android juga bisa jadi solusi dari masalah Obtaining IP Address ini loh.

Apalagi kalau yang mengalami masalah Obtaining IP Address hanya pada satu HP saja, yakni HP yang Anda gunakan. Sedangangkan pada HP lain yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama tidak mendapati masalah tersebut.

Untuk mengatasinya, silakan coba dengan restart HP Android, agar bug yang membuat HP Anda mengalami masalah Obtaining IP Address bisa hilang.

Nah, untuk melakukan restart HP Android, berikut caranya:

  1. Pertama, tekan dan tahan tombol power HP selama beberapa detik.
  2. Setelah muncul opsi di layar HP Anda, silakan tap pada opsi Mulai Ulang / Restart.
  3. Setelah itu, proses restart akan dimulai, dan Anda hanya perlu menunggu proses tersebut sampai selesai.
  4. Apabila sudah, cobalah untuk menyambungkan kembali HP tersebut ke jaringan WiFi yang sebelumnya bermasalah.
  5. Done, semoga berhasil.

Gunakan IP Static

Jaringan WiFi di HP Android secara default menggunakan IP DHCP. Dan terkadang IP DHCP juga bisa terjadi error pada IP Address-nya.

Sehingga untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba mengganti setelan IP HP tersebut ke IP Statik. Karena IP Statik ini bisa jadi solusi dari Obtaining IP Address.

Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Setelan di HP Android Anda, kemudian masuk ke menu WiFi.
  2. Pilih koneksi WiFi yang mengalami error Obtaining IP Address.
  3. Selanjutnya, tap pada opsi Modify Network untuk mengubah pengaturan pada WiFi tersebut.
  4. Jika sudah, silakan Anda ubah pengaturan IP WiFi, dari DHCP menjadi Statik.
  5. Terakhir, tinggal simpan pengaturannya.
  6. Done.

Oh iya, buat pengguna Android versi lama, tentunya langkah-langkah melakukannya sedikit berbeda.

Untuk lebih detailnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan buka Setelan HP Android.
  2. Buka menu WiFi, kemudian pilih jaringan WiFi yang diinginkan.
  3. Pilih menu Advance disana.
  4. Kemudian ubahlah  pengaturan WiFi menjadi Statik.
  5. Isi juga pada kolom pengaturan IP tambahan apabila diperlukan.

Fyi: DHCP merupakan alamat IP otomatis yang diperoleh dari router atau modem WiFi. Sedangkan IP Static adalah alamat IP yang sifatnya customable.

Cek Jangkauan Jaringan

Apabila sinyal WiFi yang diterima oleh HP Android yang Anda gunakan sangatlah lemah, maka tidak heran jika susah tersambung dan bahkan error Obtaining IP Address.

Nah sebagainya solusinya, tentu Anda bisa coba dengan mendekatkan HP ke sumber WiFi (router atau modem) sampai minimal terpenuhi 2 bar sinyal agar bagus.

Nah, bila bar sinyal hanya 1 atau bahkan kosong, tentu HP tidak akan tersambung dan hanya stuck saja pada proses pengambilan IP.

Selain itu, Anda bisa juga melakukan tips-tips berikut:

  1. Coba untuk meletakkan router atau modem di tempat yang strategis dan terbuka, sehingga tidak terhalang tembok atau benda padat lain yang menghambat pancaran sinyal WiFi.
  2. Gunakan  jaringan WiFi dengan posisi HP dekat dengan sumber sinyal, untuk meminimalisir error.
  3. Apabila ruangan yang sering Anda tempati tidak terjangkau sinyal WiFi, atau jangkauannya lemah, maka Anda bisa gunakan alat tambahan untuk memperluas jangkauan sinyal (misalnya extender WiFi).

Ubah Nama Perangkat

Mengubah nama perangkat HP ternyata bisa mengatasi HP Android yang tidak bisa tersambung WiFi atau Obtaining IP Address.

Tidak percaya? Coba aja dulu siapa tahu berhasil, karena pada dasarnya jika Anda menggunakan nama baru pada HP, maka router WiFi akan mengenali HP tersebut sebagai perangkat baru.

Nah, dari situ alamat IP WiFi yang diberikan atau disediakan juga akan diganti. Dan kemungkinan error IP Address akan teratasi.

Untuk mencobanya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Setelan HP Android Anda.
  2. Masuk ke menu About Phone atau Tentang Ponsel.
  3. Setelah itu, masuk ke Device Name atau Nama Perangkat.
  4. Kemudian Anda tinggal mengubah nama perangkat HP di bagian tersebut.
  5. Done.

Nonaktifkan MAC Filtering

Router WiFi memiliki fitur bernama MAC filtering yang digunakan untuk menyaring perangkat untuk diijinkan terhubung atau tidak terhubung ke jaringan WiFi yang dibuat oleh router tersebut.

Buat Anda yang mengalami Obtaining IP Address ini, mungkin saja disebabkan oleh MAC Address HP Anda yang di-blacklist sehingga tidak bisa terhubung. 

Untuk mengatasi permasalahan ini, silakan Anda matikan MAC Filtering pada router. Untuk caranya sendiri mungkin beda pada tiap router, namun secara garis besar adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser di HP ataupun perangkat lain yang terhubung dengan jaringan WiFi dari router Anda.
  2. Silakan login ke halaman admin WiFi melalui link yang dari router Anda atau menggunakan link yang disediakan ISP yang Anda gunakan. 
  3. Anda juga bisa melihat informasi yang tertera pada bawah router atau dengan browsing halaman admin dari merk router Anda untuk cek alamat login admin.
  4. Jika sudah masuk ke halaman admin router, silakan Anda cari menu Settings.
  5. Setelah itu, masuk ke tab Security kemudian pilih MAC Filtering.
  6. Pada beberapa router namanya adalah Acces Control, bukan MAC Filtering (silakan sesuaikan saja).
  7. Setelah itu, pastikan kalau MAC Addres HP yang Anda gunakan tidak masuk ke dalam daftar blacklist dalam MAC Filtering tersebut.
  8. Jika memang MAC HP ter-blacklist, maka Anda hanya perlu menghapusnya atau atau disable MAC Filtering.
  9. Jika sudah, silakan Save pengaturan tersebut lalu coba hubungkan kembali HP ke jaringan WiFi dari router tersebut.
  10. Done.

WiFi di HP Android yang tidak bisa tersambung dan hanya nyangkut pada Obtaining IP Address ini, sebenarnya bukan masalah yang besar. 

Dan Anda akan dengan mudah mengatasinya melalui perbaikan ataupun setting-setting pada sistem HP maupun router/modem.

Terlepas dari itu, metode-metode yang saya tuliskan di atas sudah cukup efektif untuk mengatasi masalah Obtaining IP Address WiFi di HP Android.

Namun, masih ada cara yang tidak saya jelaskan karena memang kemungkinan tidak sampai disitu, yakni dengan me-reset HP Android atau dengan me-reset router WiFi.

Mungkin cukup sekian pembahasan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Wonosobo people, technology enthusiast, creator digital, & author at Komputizen.

Update:

Tinggalkan komentar