Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Menyala, Paling Ampuh

Laptop memang menjadi salah satu gadget yang saat ini banyak digunakan, bahkan laptop juga sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat modern.

Sebagian besar orang modern banyak yang menggantungkan keseharian mereka di laptop, seperti bekerja, belajar, bermain game, atau hanya sekedar mencari kesenangan lainnya.

Pengguna laptop juga jauh lebih banyak dibandingkan pengguna PC. Ya karena memang laptop mudah dibawa kemana-mana dan memiliki nilai efisiensi yang lebih dibanding PC.

Di Indonesia ini sudah ada banyak merk laptop yang beredar di pasaran, dan yang populer diantaranya ada MSI, Asus, HP, Dell, Lenovo, Acer, Axioo, Huawei, dll. 

Disamping itu, laptop terkadang juga mengalami beberapa masalah tertentu, seperti laptop tidak bisa menyala. Kasus seperti itu memang jarang terjadi, namun sekalinya terjadi pastinya merepotkan. 

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Menyala

Masalah ini muncul bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yang sebenarnya lumayan kompleks, namun pada umunya hal tersebut dikarenakan kerusakan hardware pada laptop.

Kasus laptop tidak bisa menyala ini juga ada beberapa macam, seperti:

  • Laptop tidak menyala tapi lampu power hidup
  • Laptop menyala tapi layar mati
  • Laptop menyala, layar juga menyala tapi tidak muncul gambar
  • Laptop benar-benar tidak bisa menyala sama sekali
  • Laptop menyala sebentar tapi mati sendiri
  • Laptop menyala tetapi layar hanya berwarna abu-abu
  • Laptop masih bisa menyala dan hanya muncul bluescreen saja
  • dan sebagainya.

Nah, apapun jenis kasus yang sedang dialami, intinya laptop tetap saja tidak berfungsi seperti normalnya dan bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Berangkat dari hal tersebutlah, pada kesempatan ini saya akan memberikan cara untuk mengatasi laptop tidak bisa menyala. Jadi, langsung saja simak ulasan di bawah sampai selesai

Cek Sumber Daya Laptop

Yang pertama harus Anda lakukan ketika mengalami masalah laptop tidak bisa menyala adalah mengecek sumber daya dari laptop yang gunakan. Karena besar kemungkinan penyebab laptop tidak menyala adalah karena sumber daya listrik. 

Seperti karena baterai habis atau rusak, charger rusak dan tidak bisa dipakai, konektor power rusak atau  tidak terpasang dengan benar, soket bermasalah dan sebagainya. 

Jadi, pastikan terlebih dahulu sumber daya laptop Anda bermasalah atau tidak. Coba juga untuk mencabut dan memasang kembali baterai, lalu coba charge dan nyalakan kembali. 

Bila tetap tidak mau menyala, cobalah untuk menggunakan baterai lain yang sejenis. Seandainya komponen sumber daya laptop tidak ada yang bermasalah, seharusnya laptop bisa dinyalakan dengan normal.

Coba Cas Laptop Tanpa Baterai

Selanjutnya, cobalah untuk menggunakan laptop dengan keadaan di-charge. Cara ini bisa dicoba bila beterai laptop dinilai sudah tidak bisa berumur.

Biasanya baterai laptop yang sudah berumur, laptop masih bisa dinyalakan namun mati dengan sendirinya setelah beberapa saat. Atau bahkan laptop harus di-cas agar tetap hidup.

Untuk itu, cobalah lepas baterai laptop Anda kemudian hubungkan charger ke laptop dan colokkan soket ke sumber daya listrik. Setelah itu coba nyalakan laptop Anda.

Hal ini juga bisa menjadi cara untuk memastikan apakah baterai laptop rusak total atau tidak, serta untuk memastikan charger yang dipakai masih berfungsi.

Oh iya, bila ternyata charger tidak berfungsi, maka coba gunakan charger laptop lain yang sejenis dan mempunyai tipe konektor charger yang sama dengan laptop Anda.

Namun, jika laptop bisa menyala dengan cara di-cas tanpa baterai, berarti baterai laptop Anda memang rusak, dan perlu diganti dengan baterai yang baru. 

Apabila, dengan kedua hal di atas, laptop Anda masih belum bisa menyala, cobalah lanjut ke cara setelah ini.

Periksa Monitor / VGA

Apabila Anda menemukan adanya kehidupan ketika menyalakan laptop, seperti lampu power menyala, muncul layar abu-abu pada monitor, atau monitor memunculkan cahaya yang tidak jelas.

Maka ada kemungkinan kalau tidak ada masalah pada komponen sumber daya, melainkan sumber masalahnya justru ada pada monitor laptop Anda.

Untuk itu pastikan terlebih dahulu apakah layar monitor laptop rusak atau tidak,  dengan cara mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan coba lepaskan semua perangkat USB atau perangkat eksternal lainnya yang terhubung ke laptop, terutama HDD eksternal. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa perangkat tersebut tidak menyebabkan penyebab proses startup atau booting laptop terganggu.
  2. Kedua, pastikan kalau Anda mendengar ada suara yang keluar dari mesin laptop, seperti suara kipas yang berputar atau suara bising lain, tetapi tetap saja tidak ada gambar yang muncul.
  3. Nah, setelah mengetahui kalau mesin sudah menyala, dan ada pertanda muncul cahaya atau layar abu-abu pada monitor laptop, maka dapat dipastikan kalau masalah laptop tidak bisa menyala adalah dikarenakan monitor laptop rusak. 
  4. Terkait hal ini, solusinya hanyalah dengan mengganti monitor, atau memperbaikinya apabila memungkinkan.

Oh iya, untuk laptop yang menggunakan VGA tambahan (bukan VGA onboard) maka cobalah untuk memeriksa komponen tersebut.

Karena bila VGA laptop Anda bermasalah, maka dapat dipastikan laptop tidak akan menampilkan apapun, walaupun mesin menyala.

Coba Lakukan Power Reset

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan power reset. Cara ini digunakan ketika laptop sebelumnya tidak dimatikan dengan semestinya, dan berakibat laptop tidak bisa menyala. 

Power reset sendiri merupakan upaya untuk memutuskan semua aliran listrik yang mengalir pada komponen laptop, agar komponen tersebut ter-reset dan berfungsi kembali.

Cara ini juga cukup efektif untuk mengatasi laptop tidak bisa menyala dan masih memunculkan tanda kehidupan pada layar monitor, seperti muncul bluescreen.

Untuk itu, silakan lakukan power reset dengan cara berikut ini:

  1. Hidupkan laptop Anda terlebih dahulu, lalu setelah perangkat menyala dan muncul blue screen, silakan Anda tekan dan tahan tombol power lagi sampai laptop mati lagi.
  2. Setelah itu, cabut baterai, dan charger apabila sedang terhubung.
  3. Lepas juga, RAM, Harddisk, SSD, VGA dan komponen lainnya apabila memungkinkan.
  4. Diamkan laptop dalam keadaan kosong paling tidak 30 menit.
  5. Selanjutnya, hubungkan kembali sumber daya, dan pasang kembali komponen yang Anda cabut sebelumnya.
  6. Terakhir, cobalah untuk menghidupkan laptop seperti biasanya.
  7. Semoga berhasil.

Periksa RAM & Disk

Cara ini sebenarnya masih ada kaitannya ketika Anda melakukan power reset. Nah, ketika Anda melepas RAM dan HDD/SSD, maka periksa juga apakah ada kerusakan atau tidak.

Dan bila ternyata ada tanda-tanda kalau komponen tersebut bermasalah, seperti RAM atau HDD/SSD kotor atau bahkan rusak. Maka cobalah untuk mengetesnya dengan komponen lain yang sama.

Nah, apabila komponen tersebut hanya kotor, silakan bersihkan dengan tisu yang sudah dibasahi minyak kayu putih atau cairan pembersih khusus. 

Bersihkan juga bagian kuningan RAM dan juga kuningan pada konektor HDD atau SSD dengan karet penghapus agar lebih sempurna.

Namun ketika Anda sudah mengetesnya dengan RAM, HDD, atau SSD lain dan laptop berhasil menyala, maka tidak ada jalan lain selain mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Mengapa demikian? Karena mamang penyebab laptop tidak bisa menyala adalah karena komponen tersebut tidak berfungsi, dan harus diganti dengan yang berfungsi normal.

Service Laptop

Ketika Anda melihat kalau ada kemungkinan terjadi masalah yang cukup serius pada komponen laptop. Entah itu, VGA, motheboard, processor, RAM, disk, baterai dan lain sebagainya.

Maka solusinya tentu hanya dengan mengganti komponen yang rusak tersebut. Nah, bila Anda bisa menggantinya sendiri, maka silakan beli dan pasang sendiri.

Namun, bila tidak bisa, maka sebaiknya bawa ke tembat service laptop yang sudah professional, untuk dilakukan perbaikan atau penggantian komponen disana.

Membawa ke tempat service juga merupakan langkah yang tepat, ketika Anda tidak mengetahui penyebab pasti yang membuat laptop kamu tidak bisa menyala.

Anda tinggal membawa dan memberitahu teknisinya terkait masalah pada laptop Anda. Nantinya kang service laptop disana akan melakukan analisa serta ia akan melakukan perbaikan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi laptop tidak bisa menyala. Nah, dari hal di atas dapat disimpulkan kalau penyebabnya memang terletak pada komponen laptop.

Jadi, Anda harus memeriksa komponen yang sekiranya bermasalah dan menyebabkan laptop tidak menyala agar Anda tahu juga cara mengatasinya. 

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah laptop tidak bisa menyala. Terima kasih.

Wonosobo people, technology enthusiast, creator digital, & author at Komputizen.

Update:

Tinggalkan komentar