Cara Mengatasi This App Can’t Run on Your PC dengan Mudah

Ketika Anda ingin membuka aplikasi tertentu di Windows namun tidak bisa, dan malah muncul pesan ”This App Can’t Run on Your PC”

Pesan ini muncul untuk memberitahukan bahwa Anda tidak bisa menjalankan aplikasi yang diinginkan, karena aplikasi tersebut tidak dikenali atau tidak terverifikasi Microsoft.

Mengapa bisa begini? Hal tersebut terjadi karena pada Windows 10 terdapat fitur default dari Microsoft yang bekerja untuk memfilter ataupun memblokir instalasi program atau software yang tidak dikenali Microsofft (unverified developers). 

Sebenarnya sih fitur tersebut tujuannya bagus, untuk melindungi OS Windows dari software yang tidak terverifikasi yang kemungkinan mengandung malware, virus, script, phising atau hal lain yang dapat merusak sistem.

Tapi di lain sisi, fitur ini malah membuat Anda tidak bisa menjalankan aplikasi atau software tertentu, dan malah disuguhkan pesan error tadi. Nah, untuk itu, Anda bisa mengatasinya dengan mengikuti cara yang akan saya jelaskan setelah ini.

Cara Mengatasi This App Can’t Run on Your PC

Oh iya, selain pesan error ”This App Can’t Run on Your PC”, terkadang Anda juga mendapati pesan lain yang meminta akses administrator dari aplikasi atau game yang tidak dikenali tersebut. 

Tapi ya apapun pesan error terkait hal ini, intinya Anda tidak bisa membuka dan menjalankan aplikasi yang diinginkan.

Dan untuk penyebabnya sebenarnya ada banyak faktor, diantaranya karena masalah kompatibilitas, error permission, atau bisa juga karena software diblokir oleh Smart Screen Filter Windows 10. 

Selanjutnya untuk mengatasi This App Can’t Run on Your PC di Windows, ada beberapa metode yang bisa Anda gunakan. Dan untuk detailnya bisa disimak pada ulasan di bawah ini.

Jalankan Akses Administrator

Jika Anda diminta akses administrator dari software yang ingin dibuka, seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, maka solusinya tentu dengan membuka dengan Run as Administrator.

Untuk melakukannya, Anda tinggal cari aplikasi yang ingin dibuka, kemudian klik kanan aplikasi tersebut lalu pilih Run as Administrator. 

Biasanya dengan begitu aplikasi akan bisa dibuka, namun terkadang pada beberapa kondisi, Anda perlu juga membuat atau mengaktifkan administrator mode di akun Microsoft.

Nah, berikut adalah langkah-langkah membuat dan mengaktifkan mode administrator pada akun Microsoft:

  1. Pertama, silakan Anda buka Settings dengan menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Setelah pengaturan Windows terbuka, silakan Anda masuk ke dalam menu Accounts.
  3. Setelah itu, masuk ke tab Family & other users kemudian pilih Add someone else to this PC pada bagian Other users di sebelah kanan.
  4. Selanjutnya untuk membuat akun tanpa email, maka silakan pilih I don’t have this person’s sign-in information.
  5. Jika sudah, Anda bisa klik ops Add a user without a Microsoft account.
  6. Pada halaman selanjutnya yang terbuka, silakan Anda masukkan username dan password sesuai keinginan. Oh iya, Anda juga akan diminta untuk membuat pertanyaan-pertanyaan keamanan beserta jawabannya.
  7. Jika proses tersebut sudah selesai, selanjutnya Anda tinggal kilk Next untuk ke tahap selanjutnya.
  8. Setelah akun berhasil dibuat, silakan Anda pilih akun tersebut kemudian klik Change account type dibawah nama akun.
  9. Ubahlah tipe akun Anda ke Administrator, setelah itu tinggal klik OK.
  10. Jika sudah, silakan mulai ulang laptop atau PC Windows Anda, kemudian coba buka program yang sebelumnya error. Dan satu hal lagi, jangan lupa untuk login ke akun administrator yang sudah Anda buat tadi.
  11. Done.

Oh iya, bila Anda sudah memiliki akun Microsoft, maka Anda tidak perlu melakukan semua langkah di atas. 

Karena Anda tinggal membuka akun yang sudah ada, kemudian Anda bisa langsung menggubah tipe akun menjadi Administrator.

Matikan Smart Screen Filter

Apabila setelah memberikan akses administrator dan aplikasi belum bisa dijalankan masih tetap tidak bisa dijalankan, maka Anda harus mematikan Smart Screen Filter yang memblokir akses ke aplikasi tersebut.

Berikut caranya:

  1. Buka Settings dengan menekan tombol Windows + I.
  2. Setelah itu, silakan masuk ke menu Update & Security.
  3. Selanjutnya, pilih tab Windows Security kemudian klik Open Windows Security pada tab tersebut.
  4. Setelah masuk ke Windows Security, silakan Anda masuk ke tab App and browser control, kemudian klik opsi Reputation based protection settings di sebelah kanan.
  5. Jika halaman baru sudah terbuka, silakan Anda matikan (disable) semua pengaturan yang ada disana, termasuk pengaturan Windows Smart Screen.
  6. Done.

Repair Aplikasi Lewat CMD

Jika masalah This App Can’t Run on Your PC disebabkan oleh aplikasi yang bermasalah, maka solusinya Anda bisa lakukan repair.

Anda bisa mengatasi error aplikasi dengan repair menggunakan System File Checker (SFC) yang bisa diakses melalui Command Prompt (CMD). 

Silakan Anda coba praktikkan cara satu ini, karena biasanya efektif. Dan untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Ketik CMD lalu tekan Enter.
  3. Jika Command Prompt sudah terbuka, silakan Anda masukkan kode perintah sfc /scannow lalu tekan Enter.
  4. Pastikan Anda memasukkan kode perintah tersebut dengan benar agar repair bisa dijalankan, dan jangan sampai ada penambahan spasi setelah kata sfc.
  5. Jika sudah, Anda tinggal menunggu proses perbaikan atau repair aplikasi ini sampai selesai. Dan setelah selesai, Anda bisa memulai ulang laptop atau PC untuk melihat perubahannya.
  6. Done.

Install Ulang Software

Solusi lain untuk error ”This App Can’t Run on Your PC” ini adalah dengan menginstal ulang aplikasi atau software yang bermasalah alias tidak bisa Anda buka dan jalankan.

Nah, kasus satu ini biasanya terjadi hanya pada aplikasi tertentu saja, yang kemungkinannya disebabkan proses instalasi aplikasi tidak sempurna.

Atau bahkan aplikasi yang tidak bisa dijalankan tersebut mengalami corrupt pada  data-data installer-nya.

Untuk itu, Anda harus melakukan install ulang aplikasi yang error agar bisa dibuka dan dijalankan dengan normal tanpa muncul masalah apapun.

Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Run dengan menekan tombol Windows + R kemudian ketikkan Control Panel lalu tekan Enter.
  2. Setelah Control Panel terbuka, silakan Anda masuk ke menu Uninstall a Programs.
  3. kemudian pada  jendela Program and features, silakan Anda cari program atau software yang bermasalah.
  4. Setelah itu, silakan klik kanan aplikasi tersebut kemudian pilih Uninstall.
  5. Jika sudah, silakan restart perangkat dan setelahnya Anda bisa install lagi aplikasi atau gamenya dari awal. Oh iya, pastikan proses instalasi berjalan sempurna, agar tidak error.
  6. Done.

Setting Security Policy

Mengatur ulang Security Policy tertentu yang ada pada Windows dapat mengatasi untuk masalah This App Can’t Run on Your PC

Untuk detailnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Run dengan menekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Setelah itu, ketik secpol.msc kemudian tekan Enter.
  3. Apabila secpol tidak ada pada versi Windows Anda, maka silakan ganti dengan mengetikkan gpedit.msc.
  4. Jika sudah, maka halaman Security Policy atau Policy Editor akan terbuka. Pada bagian ini silakan Anda klik tanda panah di samping Windows Settings kemudian pilih Security Options.
  5. Scroll ke bawah kemudian temukan User Account Control : Admin Approval Mode for the Built-in Administrator account.
  6. Setelah itu, klik kanan pada policy tersebut kemudian klik Properties > Enabled > Apply > OK.
  7. Sesudah itu, silakan klik kanan pada User Account Control : Allow UIAccess aplications to prompt. Kemudian klik Properties > pilih Enabled > Apply > OK.
  8. Jika sudah selesai,  Anda bisa memulai ulang laptop atau PC untuk menerapkan perubahan.
  9. Dengan begini, seharusnya masalah This App Can’t Run on Your PC sudah hilang.
  10. Done.

Aktifkan Sideload Apps

Mengaktifkan fitur Sideload Apps di Windows 10, ini akan membuat Microsoft memberikan perizinan instalasi software atau program dari sumber yang belum terverifikasi.

Sehingga dengan begini, masalah This App Can’t Run on Your PC akan bisa diatasi. Oh iya, fitur Sideload Apps ini hanya bisa bekerja untuk software dengan format appx atau appxbundle. 

Dan untuk format lain, kemungkinan tidak bisa diberi perizinan instalasinya, dan mungkin Anda tidak akan bisa menjalankan aplikasi selain format tersebut.

Nah, bila Anda ingin mengaktifkan fitur Sideload Apps ini, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Settings Windows dengan menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Setelah itu, masuk ke menu Update & Security.
  3. Pada halaman selanjutnya, silakan masuk ke tab menu For Developers, kemudian klik Use developer features di sebelah kanan.
  4. Setelah itu, silakan Anda ubah pengaturannya menjadi Sideload apps.
  5. Done.

Gunakan Arsitektur yang Sesuai

Laptop atau PC Windows 10 itu secara garis besar terbagi dalam dua versi utama, yakni Windows 10 32 bit dan Windows 10 64 bit. 

Kedua versi arsitektur Windows tersebut tentunya memiliki kompatibilitas yang berbeda, sehingga bila Anda menginstal aplikasi yang tidak sesuai bit-nya, tentu tidak akan bisa dijalankan.

Untuk Windows 32 bit tidak akan bisa menjalankan aplikasi yang support untuk 64 bit saja, nah begitu pula sebaliknya. Disamping itu, ada juga aplikasi yang mendukung untuk bisa berjalan di kedua versi tersebut.

Nah, bila arsitektur aplikasi yang dipasang tidak sesuai, maka error This App Can’t Run on Your PC memang dikarenakan hal tersebut.

Untuk mengatasinya, Anda tinggal mengganti versi aplikasi yang didukung perangkat Anda (64 bit atau 32 bit). 

Aktifkan Mode Developer

Di Windows 10 terdapat fitur Developer mode yang dapat Anda aktifkan untuk mengatasi error This App Can’t Run on Your PC yang disebabkan aplikasi tidak terverifikasi karena tidak di-install dari Microsoft Store.

Langsung saja, silakan aktifkan mode developer dengan cara berikut:

  1. Pertama, silakan buka Settings dengan menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Setelah masuk ke pengaturan Windows, silakan pilih menu Update & Security.
  3. Pada halaman selanjutnya, silakan masuk ke tab For Developers.
  4. Selanjutnya, silakan aktifkan opsi Developer Mode disana. Caranya adalah dengan klik tombol On-Off, kemudian akan muncul pop up peringatan yang harus Anda klik Yes.
  5. Done, silakan Anda tes lagi aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dibuka.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai cara mengatasi This App Can’t Run on Your PC di laptop atau PC Windows dengan mudah.

Cara-cara yang saya jelaskan di atas bisa Anda coba satu per satu, atau Anda bisa memilih salah satu sesuai dengan apa penyebab aplikasi tidak bisa dibuka.

Mungkin cukup sekian dulu artikel pada kesempatan ini, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Wonosobo people, technology enthusiast, creator digital, & author at Komputizen.

Update:

Tinggalkan komentar