Cara Mudah Mengatasi Printer Tidak Merespon Perintah Print

Printer kalau secara bahasa berasal dari kata ‘print’ yang memiliki arti cetak. Sedangkan secara istilah, printer bisa dikatakan sebagai alat untuk mencetak.

Namun di dalam alam dunia komputasi, printer didefinisikan sebagai hardware yang berfungsi sebagai alat representasi grafis dan atau tulisan pada kertas atau media semacamnya.

Nah, printer ini juga pada zaman saat ini sudah menjadi kebutuhan untuk berbagai kalangan masyarakat. Seperti halnya pekerja kantoran, guru, tukang fotocopy, mahasiswa, dosen, dan lainnya. 

Sehingga dari situ, banyak orang yang memilih untuk memiliki printer pribadi sebagai penunjang kebutuhan tersebut.

Untuk menggunakan printer juga bisa dikatakan simpel, karena Anda hanya perlu menyambungkan printer ke laptop atau PC, setelah itu Anda bisa gunakan untuk mencetak.

Ketika ingin mencetak, Anda tinggal siapkan file yang diinginkan, kemudian tinggal jalankan menjalankan perintah print. 

Namun, terkadang ada juga masalah yang terjadi, seperti printer tidak merespon perintah print dan berakibat proses mencetaknya tidak berjalan.

Penyebab Printer Tidak Merespon Perintah Print

Masalah printer tidak bisa menjalankan perintah print ini bisa terjadi pada semua merk dan tipe printer. Terkait penyebabnya ada beberapa, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Printer terlalu banyak menjalankan proses print tanpa jeda.
  2. Driver printer mengalami masalah.
  3. Software printer error.
  4. Koneksi kabel USB printer bermasalah.
  5. Printer tidak terdeteksi pada sistem.
  6. Printer mengalami masalah komponen atau rusak secara fisik.
  7. Terjadi error atau masalah pada sistem yang dijalankan.
  8. dan lain sebagainya.

Intinya, masalah printer tidak merespon perintah print ini cuma disebabkan oleh dua hal, yakni masalah pada sistem atau hardware.

Jadi, jika Anda sedang mengalami masalah ini, biasanya pada layar laptop atau PC akan muncul pesan error tertentu.

Serta biasanya ada tanda khusus pada printer, yakni lampu indikator printer terus berkedip-kedip yang mengisyaratkan kalau sedang terjadi masalah pada printer.

Cara Mengatasi Printer Tidak Merespon Perintah Print

Buat Anda yang sedang mengalami masalah printer tidak merespon perintah print ini, jangan panik dan jangan buru-buru membawa printer ke tempat service.

Lebih baik, Anda coba atasi dulu secara mandiri. Karena biasanya kasus ini hanya disebabkan masalah ringan, dan mudah juga mengatasinya.

Nah, untuk mengatasinya, pada artikel ini saya akan menjelaskan berbagai metode penyelesaian yang saya tahu, dan semuanya sudah saya sesuaikan dengan berbagai penyebab dari masalah printer tidak merespon perintah print.

Jadi, silakan Anda coba cara-cara yang saya jelaskan di bawah ini satu per satu, agar printer bisa segera normal.

Periksa USB Printer

Jika ada masalah pada kabel USB printer tidak heran rasanya jika printer yang Anda gunakan tidak merespon perintah print.

Oleh karena itu, coba Anda cek dulu kabel USB printer, siapa tahu belum terpasang dengan benar, atau terjadi masalah disitu.

Oh iya, kabel USB tertekuk, kabel ada yang putus, kabel terkelupas, port USB tidak tersambung dengan benar, terdapat kotoran pada konektor, menjadi satu hal umum yang menyebabkan printer error

Hal ini terjadi karena kabel yang menjadi media penghubung antara printer dan laptop atau PC jadi tidak bisa berfungsi dengan baik, dan ketika akan digunakan untuk print, malah perintah print tidak bisa direspon.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk praktikkan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, Anda perlu memeriksa cek kabel USB printer, pastikan tidak ada masalah disana, seperti halnya yang sudah saya singgung sebelumnya.
  2. Periksa juga port USB printernya, dan silakan bersihkan bila terdapat debu atau kotoran yang menempel.
  3. Bersihkan juga port USB di laptop atau PC yang Anda gunakan untuk terhubung ke printer.
  4. Pastikan kabel power juga tidak bermasalah.
  5. Terakhir, cobalah untuk melepas dan menyambungkan ulang kabel USB pada printernya beberapa kali. Biasanya cara sederhana ini cukup berpengaruh.
  6. Jika sudah, silakan tes printernya untuk mencetak sesuatu.

Mulai Ulang Printer

Jika sudah memeriksa USB printer dan ternyata tidak ada masalah, selanjutnya Anda bisa mencoba untuk memulai ulang printer yang bermasalah.

Karena terkadang printer yang tidak merespon perintah print disebabkan oleh sistem printer yang mengalami error atau bug. Sehingga dengan mulai ulang printer, masalah tersebut bisa teratasi.

Selain itu, dengan restart printer juga akan membuat perangkat printer yang Anda gunakan di-refresh atau disegarkan, sehingga bisa digunakan kembali dengan normal.

Cara satu ini tidak boleh Anda lewatkan untuk dicoba, karena kemungkina berhasilnya dalam mengatasi printer tidak merespon perintah print cukup tinggi.

Berikut cara memulai ulang printer:

  1. Pastikan printer sudah tersambung dengan laptop atau PC, kemudian pastikan juga kalau printer dalam keadaan Off, dengan kabel power yang terhubung ke soket listrik.
  2. Jika sudah, selanjutnya silakan Anda tekan dan tahan tombol Resume pada printer sekitar 5 detik sampai 10 detik.
  3. Disaat yang sama, tekan dan tahan juga tombol Power bersamaan dengan posisi tombol resume tersebut masih ditekan dan ditahan.
  4. Tunggulah beberapa saat sampai lampu hijau pad printer menyala (lampu indikator On pada printer).
  5. Lepaskan tombol Resume yang Anda tekan tadi, tapi jangan lepas dulu tombol Powernya.
  6. Sesudah itu, tekan tombol Resume 5 kali, sambil tetap menekan dan menahan tombol Power. Nantinya lampu LED printer akan berkedip atau menyala bergantian.
  7. Lepaskan semua tombol yang Anda tekan tersebut, lalu silakan periksa laptop atau PC Anda yang sudah disambungkan dengan printer.
  8. Biasanya disana sistem Windows akan mendeteksi perangkat baru. Nah, silakan Anda koneksikan ke printer tersebut kemudian coba untuk menggunakannya untuk mencetak sesuatu.
  9. Done, semoga berhasil.

Hard Reset Printer

Reset printer merupakan salah satu langkah jitu untuk menghilangkan error pada print, misalnya saja printer tidak merespon perintah print.

Me-reset printer bisa dibilah adalah hal yang sepele, namun dengan cara ini seringkali bisa menjadi solusi dari berbagai error sistem di printer.

Dengan me-reset perint, akan membuat printer kembali ke setelan dan keadaan default, sehingga pada kondisi tersebut bisa dipastika tidak terdapat error apapun.

Cara melakukan reset pada setiap printer itu beda-beda tergantung merk, jenis, dan tipenya.

Jadi untuk melakukan reset printer, Anda bisa melihat buku panduan pada printer (manual book) ataupun dengan browsing caranya di internet dengan menyesuaikan printer yang Anda gunakan.

Misalnya saja pada printer dengan merk Canon, cara melakukan reset printer langkah-langkah yang harus dilakukan hampir mirip dengan cara restart printer seperti yang saya jelaskan di atas.

Install Ulang Driver

Agar printer bisa dijalankan dengan benar, maka sistem di laptop atau PC Anda membutuhkan yang namanya driver.

Jadi, apabila driver printer mengalami masalah, error, atau terdapat bug, maka fungsi printer juga akan terganggu, seperti perintah print tidak dapat direspon.

Jadi, untuk mengatasi hal ini Anda harus menghapus driver printer lama yang terinstal di laptop atau PC, kemudian melakukan install ulang driver printer. 

Tahap pertama, silakan Anda uninstall driver dan juga device printer terlebih dahulu, sebelum Anda menginstall driver printer yang baru.

Nah, untuk cara install driver printer, sebenarnya pada tiap merk printer itu berbeda-beda. Namun secara umum langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama silakan buka browser di laptop atau PC Anda, kemudian kunjungi situs resmi dari merk printer yang digunakan.
  2. Setelah masuk ke web printer, silakan Anda cari Driver Printer sesuai tipe printer Anda.
  3. Pilih juga yang sesuai dengan sistem operasi di laptop atau PC Anda.
  4. Jika sudah ketemu, silakan Download driver printer tersebut, dan tunggulah sampai proses mengunduh selesai.
  5. Buka file driver yang baru Anda download tadi, setelah itu klik dua kali pada driver tersebut. Atau bisa juga dengan Run as administrator.
  6. Selanjutnya akan muncul wizard instalasi, silakan Anda ikuti saja panduannya sampai selesai.
  7. Jika sudah selesai, silakan mulai ulang laptop atau PC Anda.
  8. Terakhir, Anda bisa coba gunakan printer untuk mencetak dokumen. 
  9. Done, semoga berhasil.

Oh iya, driver printer ini selain tersedia pada situs resmi dari merk printer Anda, biasanya ada juga printer yang menyertakan driver dalam paket penjualannya.

Biasanya driver printer disimpan dalam USB flashdisk atau kadang ada juga yang disimpan dalam CD/DVD. Jadi Anda bisa cek apakah ada driver bawaan atau tidak.

Cek Port Nul atau Tidak

Printer yang Anda sambungkan dengan laptop atau PC Windows, seharusnya terbaca dengan benar pada sistemnya, alias device printer terdeteksi dan dalam kondisi ready.

Namun, pada beberapa kasus, sistem Windows kadang tidak bisa mendeteksi atau membaca tipe printer yang terhubung melalui USB printer.

Karena hal tersebut, sistem Windows malah mendeteksi USB printer yang terhubung sebagai ‘Nul’. Akibatnya printer tidak bisa merespon perintah bahkan terdeteksi saja tidak bisa. 

Untuk mengatasi hal ini Anda harus mengecek port USB printer Nul atau tidak, dengan cara berikut ini:

  1. Masuk ke menu pencarian Windows, kemudian ketik Control Panel dan tekan Enter untuk membukanya.
  2. Kemudian pada halaman Control Panel yang terbuka, silakan Anda ubah View by menjadi Category.
  3. Selanjutnya, carilah menu Hardware and Sounds dan klik pada menu tersebut untuk membukanya.
  4. Pada halaman selanjutnya, silakan Anda masuk ke Device and Printers.
  5. Cari printer yang Anda gunakan, lalu klik kanan pada nama printer tersebut dan pilih Printer Properties.
  6. Jika sudah, klik pada tab Port. Pada bagian ini pastikan kalau Nul tidak aktif atau tidak tercentang.
  7. Selanjutnya centang pada kolom USB Printer, setelah itu klik Apply kemudian OK.
  8. Done, printer akan kembali terdeteksi di perangkat Anda dan bisa digunakan untuk print.

Troubleshooting Printer

Metode selanjutnya untuk mengatasi printer tidak dapat merespon perintah print pada lapatop atau PC Windows adalah dengan melakukan troubleshooting printer.

Dengan fitur troubleshoot yang ada di Windows ini akan membuat sistem Windows melakukan scanning dan mendeteksi masalah yang terjadi pada printer.

Selain itu, troubleshooter juga akan memberikan rekomendasi perbaikan, yang nanti bisa Anda ikuti untuk melakukan perbaikan masalah.

Untuk melakukan troubleshooting printer, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, silakan Anda masuk ke Settings Windows dengan menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Kemudian, masuk ke menu Devices yang berada di pilihan menu pengaturan Windows yang terbuka.
  3. Pada halaman selanjutnya, silakan Anda masuk ke tab menu Printers & scanners.
  4. Setelah itu, silakan pilih printer yang bermasalah, kemudian klik Manage di bawah nama printer.
  5. Pada halaman selanjutnya yang muncul, silakan Anda klik Run the troubleshooter.
  6. Tunggulah hingga proses troubleshoot selesai dan ikuti rekomendasi perbaikan yang disarankan.
  7. Done.

Service Printer

Solusi final dari maslaah printer yang tidak merespon perintah print adalah dengan service printer. Hal ini dilakukan, jika Anda sudah mempraktikkan semua cara di atas, namun printer belum kunjung normal.

Karena bisa saja printer yang Anda gunakan sudah rusak, atau terdapat part printer yang rusak dan perlu diganti.

Namun sebelum itu, silakan pastikan dulu dengan mencoba menyambungkan printer yang mungkin bermasalah tersebut ke laptop atau PC lain.

Apabila pada perangkat lain, printer tersebut bisa digunakan untuk ‘print’, maka bisa disimpulkan kalau yang bermasalah adalah OS di laptop atau PC Anda, bukan pada printer-nya.

Tetapi, bila tidak bisa digunakan untuk printing dokumen, berarti memang printer yang Anda gunakan itu rusak atau bermasalah secara komponen.

Untuk mengatasi printer yang rusak ini, saya sarankan Anda untuk membawa printer tersebut ke tempat service printer profesional yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Atau Anda bisa juga bawa ke service center resmi dari brand printer yang Anda gunakan. Siapa tahu juga masih ada garansi yang bisa diklaim disana.

Nah, pada tempat service printer, Anda tinggal keluhkan masalah pada printer, dan nanti akan dilakukan pengecekan lebih lanjut serta akan dilakukan perbaikan pada printer Anda.

Oh iya, bila disambungkan dengan laptop atau PC lain ternyata bisa digunakan untuk menjalankan perintah print (printing), berarti solusinya mungkin dengan install ulang sistem operasi.

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai cara mengatasi printer tidak merespon perintah print di laptop atau PC.

Semoga dengan mempraktikkan semua cara yang saya jelaskan di atas, printer Anda yang bermasalah bisa kembali normal, dan dapat digunakan untuk print.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Wonosobo people, technology enthusiast, creator digital, & author at Komputizen.

Update:

Tinggalkan komentar