Cara Memperbaiki Printer Canon Error 5b00 Saat Mencetak

Kebutuhan berbagai orang akan pemakaian printer, sekarang ini sudah tinggi. Untuk mencetak berbagai dokumen atau file, tentu butuh yang namanya printer.

Pekerja kantoran, mahasiswa, dan semacamnya, sekarang ini menjadi salah kalangan yang paling sering membutuhkan printer untuk mencetak sesuatu.

Untuk menggunakan printer sendiri sangatlah mudah. Karena bila Anda sudah menyambungkan printer dengan laptop atau komputer, maka printer dapat langsung digunakan.

Walaupun demikian, printer terkadang juga mengalami masalah tertentu, seperti printer tidak terdeteksi, printer error 5b00 dan sebagainya. 

Masalah tersebut, bila tidak segera diatasi maka akhirnya membuat proses cetak dokumen atau file menjadi terganggu, dan bahkan tidak dapat berjalan sama sekali.

Penyebab Printer Canon Error 5b00

Dalam beberapa kasus, error 5b00 ini terjadi karena kesalahan printer yang tidak bisa mengeluarkan salah satu warna tinta. Bisa juga karena ink absorter dan limbah pad yang hampir penuh.

Setelah dicoba proses head cleaning, justru akan muncul pesan error 5B00. Dan Error ini bisa terjadi pada berbagai jenis printer.

Misalnya pada printer Canon IP2700, Canon MP2870, Canon IP2770, Canon G2000, Canon MG2870, dan sebagainya.

Terdapat ciri khusu dari kode error printer 5b00 ini, yakni bila printer sedang mencetak maka akan tiba-tiba berhenti, dan lampu LED printer akan berkedip-kedip.

Tidak hanya itu saja, di layar laptop atau komputer yang terhubung dengan printer tersebut juga akan muncul notifikasi error. Contohnya pada gambar di atas.

Nah, intinya bila error ini muncul, maka Anda harus segera memperbaiki masalah tersebut, agar printer kembali normal dan dapat digunakan seperti semula.

Cara Memperbaiki Printer Canon Error 5b00

Untuk memperbaiki error 5b00 pada printer Canon seri apapun, metodenya ada beberapa, yang bisa Anda coba.

Jadi, untuk memperbaiki error printer tersebut, silakan ikuti panduan yang saya jelaskan di bawah ini secara urut.

Unduh Service Tool Canon

Dari pihak Canon sebenarnya menyediakan solusi dari masalah printer Canon tipe/seri apapun yang mengalami error 5b00,.

Solusi yang diberikan dari pihak Canon sendiri berupa sebuah Service Tool atau Software Resetter yang berfungsi untuk mengatasi error printer. 

Dengan software tersebut, dapat dipastikan kalau error 5b00 pada printer Canon akan bisa diatasi dengan mudah, dan setelahnya Anda bisa menggunakan printer dengan normal..

Pertama, Anda perlu mendownload software Service Tool printer Canon terlebih dahulu.  Dan pastikan Anda mengunduh melalui laptop atau PC yang sudah terhubung dengan printer Canon tersebut. 

Oh iya, software Resetter ini bisa dipakai untuk printer Canon IP2770, Canon G Series, dan tipe lainnya, hanya saja Anda perlu mencari tahu versi Resetter mana yang sesuai dengan printer yang Anda gunakan.

Misalnya saja program Resetter Canon V4905 yang support Printer Canon All Old Series, dan program Resetter Canon V5103 yang mendukung printer Canon All New Series.

Anda juga bisa coba software Resetter versi 1074 atau versi 3400. Fungsi kedua program ini sebenarnya sama saja, hanya beda pada tampilan versinya.

Jadi, silakan Anda cari dan unduh program Resetter atau Service Tool yang sesuai dan kompatibel dengan printer Canon yang Anda gunakan.

Setelah mengunduh software-nya, silakan Anda lanjutkan ke langkah yang kedua, untuk mulai memperbaiki error 5b00 di printer Canon.

Aktifkan Service Mode Printer

Hal yang selanjutnya perlu Anda lakukan setelah mengunduh Resetter adalah mengaktifkan service mode pada printer Canon yang error.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir error dan kesalahan sistem ketika nanti proses flashing printer dimulai.

Berikut cara mengaktifkan service mode printer:

  1. Pertama, Anda perlu memastikan kalau printer dalam keadaan Off, dengan kabel power yang sudah dicolok ke sumber listrik.
  2. Jika sudah, silakan Anda tekan tombol Resume pada printer selama kurang lebih 5 detik sambil menekan tombol Power sampai lampu indikator berwarna hijau menyala.
  3. Setelah itu, Anda bisa lepas tombol Resume, namun jangan lepas dulu tombol Power nya.
  4. Sesudah itu, silakan Anda tekan tombol Resume lagi sebanyak 5x. Anda hanya perlu menekan dan melepas tombol Resume (tidak perlu ditahan) sampai lima kali.
  5. Setelahnya, silakan lepaskan kedua tombol (Power & Resume) secara bersamaan. 
  6. Jika sudah, maka lampu indikator printer akan berkedip dan berwarna hijau. Ini menandakan prosesnya berhasil.
  7. Done.

Setelah selesai menjalankan langkah-langkah di atas, di laptop atau PC yang terhubung dengan printer, biasanya akan muncul printer sebagai perangkat baru. 

Ini bukanlah sebuah masalah, dan Anda juga tidak perlu melakukan apapun pada hal ini. Cukup biarkan saja dan lanjut ke langkah ketiga.

Pasang Kertas

Langkah ketiga yang tidak boleh ketinggalan dalam proses perbaikan printer error 5b00 ini adalah memasang kertas ke printer. 

Untuk apa? Intinya, kertas yang dipasang ini nanti akan dipakai untuk melakukan test print.

Dan juga, akan digunakan untuk memastikan apakah proses reset printer berhasil atau tidak.

Silakan Anda pasang kertas ke printer, dan untuk jumlah kertasnya Anda bisa sesuaikan sendiri. Bisa masukkan banyak ataupun beberapa lembar saja.

Mulai Reset Printer

Setelah ketiga langkah di atas selesai dijalankan, maka selanjutnya Anda bisa langsung reset printer Canon yang Anda gunakan.

Oh iya, proses reset ini memerlukan software Resetter seperti yang sudah saya jelaskan di awal.

  • Bila Anda menggunakan Service Tool atau Resetter versi 1074 berikut panduannya:
  1. Pertama, silakan Anda ekstrak file Service Tool atau Resetter versi 1074 yang sudah diunduh di laptop atau PC Anda.
  2. Jika sudah diekstrak, silakan langsung buka software Resetter tersebut, caranya dengan double klik Resetter.
  3. Jika sudah, maka Anda akan masuk ke halaman Service Tool. Pada bagian ini, silakan klik Main di bagian Clear Ink Counter kemudian tunggu proses selesai.
  4. Pastikan proses ini berjalan lancar. Tandanya adalah printer akan melakukan printing dengan hasil tulisan D=000*0.
  5. Selanjutnya, perhatikan bagian Operation. Nah disana, silakan Anda klik EEPROM Clear
  6. Apabila prosesnnya berhasil, maka akan muncul pesan “A function was finished”, dan pada bagian ini silakan Anda klik OK.
  7. Jika sudah, klik EEPROM kemudian pada jendela baru yang muncul , biarkan default saja, dan jangan diubah-ubah.
  8. Sesudah itu klik OK dan tunggulah sampai printer melakukan print otomatis.
  9. Anda bisa cek hasil print, dan mungkin Anda akan melihat banyak sekali tulisan. Namun, yang terpenting pastikan ada tulisan TPAGE(TTL=00000). Angka pada TTL memang berbeda-beda, jadi tidak masalah.
  10. Done.
  • Untuk Anda yang menggunakan Service Tool atau Resetter versi 3400 berikut panduannya:
  1. Pertama, silakan ekstrak Service Tool v3400 yang sudah Anda unduh, kemudian buka softwarenya dengan klik dua kali.
  2. Pada halaman Service Tool yang terbuka, silakan Anda klik Set yang ada di bagian Clear Ink Counter, dan tunggulah prosesnya sampai selesai. 
  3. Setelah proses tersebut selesai, maka printer akan mencetak atau print pada kertas dengan hasil tulisan D=000*0.
  4. Kemudian di bagian Ink Absorber Counter, silakan klik Set
  5. Jika prosesnya berhasil, maka akan muncul tulisan “A function was finished”. Pada bagian ini, silakan Anda klik saja OK.
  6. Selanjutnya,silakan Anda klik EEPROM yang ada di bagian Print. k
  7. Kemudian pada jendela baru yang muncul, silakan ubah bagian Paper menjadi RearTray
  8. Kalau sudah, tinggal klik OK dan tunggu sampai printer melakukan printing otomatis.
  9. Untuk mengetahui prosesnya berhasil atau tidak, silakan cek pada hasil kertas printer, apakah terdapat tulisan TPAGE(TTL=00000) * atau tidak. Oh iya, angka pada TTL memang berbeda-beda, jadi tidak masalah.
  10. Done.

Mulai Ulang Printer

Setelah langkah-langkah di atas sudah selesai dijalankan semuanya, maka terakhir Anda hanya perlu memulai ulang printer Canon yang Anda gunakan.

Anda cukup matikan printer dengan menekan tombol power, kemudian diamkan sesaat dan setelah itu Anda bisa hidupkan kembali printernya.

Setelah printer kembali menyala, Anda bisa coba gunakan untuk print. Seharusnya dengan begini, error 5b00 akan hilang, dan printer bisa digunakan dengan normal.

Cara Lain Untuk Memperbaiki Printer Canon Error 5b00

Bila dengan mempraktikkan semua cara di atas, printer Canon yang mengalami error 5b00 belum juga teratasi, maka solusi lainnya adalah dengan membersihkan pad tinta secara manual.

Bagian yang harus dibersihkannya hanyalah pad tintanya saja. Dan Anda bisa menggunakan kain atau barang sejenisnya untuk membersihkannya.

Pastikan Anda membersihkan limbah tinta dan kotoran-kotoran pada pad tinta tersebut sampai benar-benar bersih.

Untuk cara membersihkan pad tinta, Anda bisa cek saja video tutorialnya di Youtube, sesuai dengan tipe printer yang Anda gunakan.

Kalau sudah, Anda bisa memasang kembali komponennya, kemudian lakukan hard reset printer sebagaimana berikut ini:

  1. Silakan Anda sambungkan printer ke laptop atau PC, kemudian pastikan kalau printer dalam keadaan Off, namun dengan kabel power yang terhubung ke soket listrik.
  2. Setelah itu, silakan Anda tekan dan tahan tombol Resume pada printer sekitar 5 detik sampai 10 detik.
  3. Tekan dan tahan juga tombol Power bersamaan dengan posisi tombol resume tersebut masih ditekan. 
  4. Tunggulah hingga lampu hijau menyala (lampu indikator On pada printer).
  5. Lepaskan tombol Resume yang Anda tekan, tapi jangan lepas dulu tombol Powernya.
  6. Jika sudah, silakan tekan tombol Resume 5 kali, sambil tetap menekan tombol Power. Nantinya lampu LED printer akan berkedip atau menyala bergantian.
  7. Lepaskan semua tombol yang Anda tekan tersebut, lalu silakan periksa laptop atau PC Anda yang sudah disambungkan dengan printer.
  8. Biasanya disana sistem akan mendeteksi perangkat baru. Nah, silakan Anda koneksikan ke printer tersebut kemudian coba untuk menggunakannya untuk mencetak sesuatu.
  9. Done, semoga berhasil dan tidak error lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengatasi printer Canon error 5b00 ketika digunakan untuk mencetak. Semoga dengan cara-cara di atas, printer Canon yang bermasalah, dapat segera normal kembali.

Cukup sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Wonosobo people, technology enthusiast, creator digital, & author at Komputizen.

Update:

Tinggalkan komentar