Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows Jadi Lebih Optimal

Diposting pada

Masalah pada laptop tidak hanya disebabkan oleh virus, malware, sistem bermasalah, atau aplikasi yang rusak, tetapi juga penggunaan biasa atau penggunaan sehari-hari juga bisa menyebabkan laptop Anda mengalami masalah.

Contoh masalah yang timbul karena penggunaan sehari-hari adalah kinerja laptop yang menjadi makin lambat atau tidak optimal. Penurunan kinerja ini terbilang wajar dan biasanya sebanding dengan penggunaan laptop, yang mungkin sudah tahunan.

Nah, hal yang paling berpengaruh pada kinerja laptop terletak pada hardware-nya. Dimana seiring berjalannya waktu teknologi hardware yang ada di laptop tersebut tentu akan semakin ketinggalan.

Akibat yang pasti adalah terjadinya penurunan pada kinerja laptop, yang dikarenakan hardware kurang support untuk kebutuhan software dan aplikasi yang semakin kesini semakin berat.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows

Untuk mempercepat kinerja laptop agar bisa optimal kembali, sebenarnya ada solusi yang paling gampang, yaitu dengan meng-upggrade hardware atau upgrade laptop ke versi yang lebih tinggi.

Namun, pada pembahasan ini, saya memiliki beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat kinerja laptop Windows, mulai dari tune up software, sampai melakukan perbaikan pada hardware laptop.

Jadi, pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai, ya!

Hapus Program Tidak Diperlukan

Di laptop Anda mungkin telah terpasang banyak sekali aplikasi atau program yang bermacam-macam. Dan mungkin sebagian ada yang tidak begitu penting atau tidak berguna, yang belum Anda uninstall.

Padahal dengan mengurangi atau meng-uninstall aplikasi/program yang terpasang di laptop, akan membuat kinerjanya lebih cepat, lho.

Cara uninstall aplikasi atau program yang tidak diperlukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan buka Run dengan menekan Windows + R.
  2. Kemudian ketik Control Panel dan tekan Enter.
  3. Setelah itu Anda akan dibawa masuk ke halaman Control Panel, pada bagian ini silakan pilih menu Uninstalll a Program yang berada di dalam menu Programs.pilih uninstall a program di control panel
  4. Pada halaman selanjutnya yang muncul, Anda akan menemukan banyak sekali program dan aplikasi yang terpasang di laptop. Silakan pilih aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan dan sudah tidak dipakai, setelah itu klik kanan dan pilih Uninstall.uninstall aplikasi yang dipilih
  5. Selanjutnya, akan muncul arahan pada layar untuk melakukan uninstall aplikasi, jadi silakan Anda ikuti saja instruksinya.
  6. Done.

Tambahkan Virtual Memory

Virtual memory memiliki peran yang tidak kalah besarnya dengan fungsi RAM. Karena, memori virtual biasanya dipakai sebagai tempat penyimpanan sementara apabila RAM full

Untuk itu, Anda bisa menambah atau custom virtual memory untuk membuat kinerja laptop menjadi semakin cepat, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan masuk ke menu pencarian Windows lalu ketikkan This PC.
  2. Jika sudah, silakan pilih Properties yang berada di bawah hasil pencarian.
  3. Setelah itu, Anda akan dibawa ke jendela Settings, pada bagian ini silakan pilih Advanced System Settings.klik advanced system settings
  4. Selanjutnya pilih tab Advance lalu klik Settings pada kolom performance. Setelah terbuka, klik tab Advanced lalu pilih Change pada bagian Virtual memory.performance options
  5. Jika sudah, silakan buka pengaturan Page Size kemudian hapus ceklis pada opsi Automatically manage paging file size for all drives.
  6. Selanjutnya, untuk menamabh virtual memory, Anda bisa mengatur Page Size sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan spesifikasi laptop.
  7. Jika sudah, silakan klik Apply dan simpan hasilnya.

Oh iya, virtual memory ini pada dasarnya sudah disetting otomatis dari sistem berdasarkan kapasitas RAM. Semakin tinggi kapasitas RAM di perangkat Anda, maka akan semakin tinggi juga kapasitas virtual memory.

Dan bila Anda ingin menambah atau custom virtual memory ini menjadi lebih besar, silakan browsing terlebih dahulu tentang batasan maksimal/ideal penambahan virtual memory di perangkat yang Anda gunakan.

Minimalkan StartUp Apps

Anda mungkin tidak terlalu memperhatikan StartUp Apps di laptop. Padahal disana terdapat banyak program atau aplikasi yang berjalan, yang tidak menutup kemungkinan bisa memberatkan kinerja laptop.

Oleh karenanya, Anda bisa mengurangi program atau aplikasi yang berjalan di StartUp agar kinerja laptop bisa lebih cepat dan optimal.

Caranya seperti ini:

  1. Pertama, silakan buka menu Settings di laptop Windows Anda dengan menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Setelah itu, masuklah ke menu Apps.
  3. Kemudian, klik Startup.
  4. Selanjutnya, pada menu Startup, silakan Anda minimalkan Startup dengan menonaktifkan aplikasi atau program yang tidak diperlukan.startup apps
  5. Disarankan Anda hanya menonaktifkan aplikasi yang ada keterangan No impact, Low impact, atau Not measured, agar tidak terjadi error pada sistem perangkat.
  6. Done.

Bersihkan File Sampah & Cache

Semakin lama Anda menggunakan laptop, menjalankan program, dan atau aplikasi, maka akan banyak file sampah dan cache yang dihasilkannya, yang tertinggal dan tersimpan di disk perangkat.

Jika dibiarkan begitu saja, file sampah dan cache akan menumpuk, dan akan memberatkan kinerja laptop, membuat performanya lambat dan tidak optimal.

Selain itu, kedua jenis file tersebut tidak hanya membuat kinerja laptop jadi lambat, tetapi juga akan memenuhi ruang penyimpanan di hardisk Anda, sehingga hal ini dapat membatasi Anda ketika ingin menyimpan data-data di dalamnya.

Untuk itu, Anda bisa bersihkan file sampah dan cache tersebut secara berkala. Terkait caranya, pernah saya bahas di situs ini pada artikel dengan judul cara membersihkan file sampah yang menumpuk di laptop dan artikel cara menghapus cache di laptop.

Jadi, silakan Anda kunjungi saja kedua artikel tersebut untuk mengetahui cara membersihkan file sampah dan cache di laptop.

Lakukan Disk Defragment

Untuk mempercepat kinerja laptop, Anda bisa melakukan optimasi untuk merapikan sector pada disk di laptop Anda, agar disk bisa bekerja lebih efisien dan lebih teratur. 

Melakukan defrag pada harddisk ini akan membuat kinerja laptop yang menjadi lebih optimal, karena tidak terlalu banyak beban pada harddisk.

Oh iya, pastikan Anda secara berkala melakukan disk defragment ini, agar performa dan kinerja laptop tetap optimal, ya. Terkait cara melakukannya, bisa Anda ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, silakan buka kolom Windows Search.
  2. Kemudian, ketikkan Defrag dan tekan Enter.
  3. Setelah itu akan muncul Defragment and Optimize Drives, silakan klik dua kali untuk membukanya.
  4. Jika sudah terbuka, silakan Anda pilih disk yang ingin kamu defrag. Pastikan Anda memilih disk sistem terlebih dahulu, baru setelah selesai, Anda bisa beralih defrag disk lain.disk defragment
  5. Setelah memilih disk, silakan Anda pilih opsi Optimize lalu tunggu proses optimasinya sampai selesai.
  6. Sesudah selesai, silakan restart laptop Anda.

Reset Browser yang Digunakan

Browser yang biasanya digunakan di laptop, seperti Google Chrome, Firefox, Microsoft Edge, dan lain sebagainya, itu memiliki cache dan cookies yang tersimpan secara otomatis.

Ketika Anda menggunakan browser tersebut untuk aktivitas di internet, seperti membuka situs, mengunjungi laman tertentu, dan download file, maka akan ada data yang tertinggal dan tersimpan di laptop.

Bila Anda belum pernah membersihkan atau me-reset browser, maka bisa saja kinerja laptop yang lambat disebabkan oleh banyaknya cache & cookies browser yang menumpuk.

Untuk itu, Anda bisa membersihkan data penggunaan dan melakukan reset pada browser, untuk mengembalikannya ke keadaan semula yang masih fresh dan bersih.

Sebagai contoh, untuk me-reset browser Google Chrome, caranya adalah sebagai berikut:

  1. pertama, silakan buka browser Chrome terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silakan Anda klik titik tiga yang berada di kanan atas halaman.
  3. Selanjutnya, masuklah ke Setelan browser.
  4. Selanjutnya, silakan masuk ke menu Privasi & Keamanan.
  5. Sesudah itu, klik Hapus Data Browsing / Hapus Data Penjelajahan.
  6. Klik Menu Lanjutan kemudian ubah rentang waktunya menjadi Semua.
  7. Clear semua history browsing di sana, dengan cara klik pada opsi Hapus data.
  8. Setelah itu, lanjut reset browser Chrome, dengan masuk ke tab Advanced / Lanjutan di pengaturan browser.
  9. Setelah itu, silakan Anda pilih opsi Reset & Bersihkan kemudian pilih opsi Pulihan setelan ke default (aslinya).
  10. Terakhir tinggal klik Reset setelan.
  11. Done.

Update Versi Windows

Mungkin masih banyak belum tahu bahwa beberapa versi sistem Windows (terutama versi lama) mengandung beberapa bug di dalamnya.

Nah, bug tersebut bisa beragam, dan tentu berpengaruh pada kinerja laptop. Untuk itu, Anda bisa update versi Windows ke yang paling baru, agar kinerja laptop lebih cepat, dan tidak ada bug.

Cara update versi Windows adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan Anda tekan tombol kombinasi Windows + I untuk membuka Setting.
  2. Kemudian pilih Update and Security.update windows
  3. Setelah terbuka, silakan Anda masuk ke tab Windows and Update.
  4. Selanjutnya, silakan update versi Windows Anda disana.
  5. Apabila di bagian Windows update belum tersedia versi terbaru, coba Anda klik terlebih dahulu opsi Check for updates.
  6. Done.

Coba Aktifkan Hibernate Mode

Tips lain untuk mempercepat kinerja laptop Windows menjadi lebih optimal adalah dengan mengaktifkan Hibernate Mode.

Apakah ini berpengaruh? Jawabannya tentu saja iya. Karena dengan Hibernate Mode ini akan membuat laptop dapat menyimpan memory kondisi program yang terbuka di laptop saat sedang dimatikan. 

Dan juga akan membuat memory segar kembali untuk siap diajak bekerja lebih berat, karena tidak perlu mengulang dari awal lagi proses atau boot yang sudah tersimpan.

Untuk mengaktifkan Hibernate Mode, berikut caranya:

  1. Pertama, silakan Anda buka kolom search Windows, kemudian ketikkan Control Panel dan kemudian buka hasilnya.
  2. Setelah itu, Control Panel akan terbuka. Silakan ubah View by di kanan atas halaman menjadi Small Icons, kemudian klik menu Power Options.pilih power options di control panel
  3. Pada halaman berikutnya yang terbuka, silakan Anda klik opsi Choose what the power buttons do.
  4. Kemudian klik opsi Change settings that are currently unavailable.aktifkan hibernate
  5. Selanjutnya, silakan ceklis pada opsi Hibernate.
  6. Jika sudah, klik Save changes dan keluar.
  7. Done.

Perbesar Kapasitas RAM

Tips jitu dan paling efektif untuk mempercepat kinerja laptop adalah dengan upgrade kapasitas RAM ke yang lebih besar. Cara ini sudah dicoba banyak orang, dan hasilnya 100% berhasil mempercepat kinerja laptop.

Misalnya saja RAM 2GB bisa Anda tingkatkan ke 4 GB, 8 GB atau 16 GB, tergantung batasan akhir upgrade RAM di laptop Anda. Upgrade RAM ini sebenarnya mudah, tapi Anda perlu memperhatikan hal berikut:

  1. Cek tipe RAM SODIMM atau bukan.
  2. Cek juga apakah RAM DDR3 atau DDR4, agar nantinya Anda tidak salah beli. Kalau laptop generasi terbaru biasanya menggunakan SODIMM dan DDR4.
  3. Sekarang bongkar bagian belakang laptop Anda untuk mengetahui apakah RAM laptop Anda 1 slot atau 2 slot.
  4. Apabila laptop Anda terdapat 2 slot RAM, maka 1 slot yang kosong yang bisa diisi RAM lain atau jika tersedia hanya 1 slot, maka silakan ganti dengan RAM baru yang kapasitasnya yang lebih besar.
  5. Setelah cek RAM, Anda bisa langsung membeli RAM sesuai tipe dan untuk kapasitasnya silakan sesuaikan saja. Setelahnya, tinggal pasang RAM ke laptop.

Ganti Hardisk dengan SSD

Solid State Drive (SSD) ialah sebuah perangkat penyimpanan (disk) dengan kecepatan yang jauh lebih ngebut dibandingkan dengan HDD atau Harddisk. 

SSD saat ini juga sudah sangat populer dan banyak dipakai oleh para pengguna laptop ataupun PC. Alasan utama banyak yang menggunakan SSD adalah karena kecepatan processing SSD jauh lebih baik dan cepat.

Beralih dari HDD ke SSD juga menjadi salah satu upgrade yang akan memberikan perubahan paling drastis terhadap performa atau kinerja laptop Anda. Jadi, silakan pertimbangkan untuk menggunakan SSD di laptop Anda.

Oh iya, untuk bisa menggunakan atau mengganti HDD dengan SSD ini, Anda harus memastikan kalau motherboard laptop yang digunakan mendukung, ya. Cara ceknya bisa dengan membongkar laptop atau searching informasi di Google.

Mungkin cukup sekian pembahasan kita mengenai cara mempercepat kinerja laptop Windows agar jadi lebih optimal. Anda bisa menyesuaikan metode yang ingin digunakan, dengan kondisi laptop Anda.

Untuk cara yang paling berpengaruh dan memberikan perubahan paling signifikan terhadap performa laptop Anda adalah dengan upgrade RAM dan mengganti HDD dengan SSD.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.